Berikut Daftar Militer Paling Miskin Di Dunia, Salah Satunya Dari Negara Paling Korup di Seluruh Dunia~

Sederetan militer paling miskin di dunia, mana aja? Pantau skuy~

Seperti yang kita tahu, untukmeningkatkan kualitas per-militeran di dunia pastinya butuh yang namanya dana yang gak sedikit gengs....

Tapi kebayang gak sih kalau negara yang miskin militernya bakalan seperti apa ya gengs? Berikut ada beberapa militer dari negara miskin gengs, yuk kita kepoin....

Liberia


Tahu gak sih, kalau militer Liberia menjadi negara paling miskin di dunia dari 138 negara, dengan anggaran pertahanannya sebesar $13 juta saja. OMG!

Negara ini memiliki populasi 4.809.768, dengan total personel militernya 2.100 tanpa personal cadangan. Berdasarkan data Global Firepower, Liberia tidak memiliki armada apapun baik dalam sektor udara, tanah, maupun laut.

Liberia (Wikipedia.org)

Laos


Seperti yang dilansir dari Kaskus.com, negara Laos hanya memiliki anggaran pertahan sebesar $18,5 juta. Untuk sektor udara, negara tetangga Indonesia ini memiliki 27 helikopter, 2 angkutan, dan 4 pesawat pelatih.

Kemudian dari sektor darat, laos memiliki 65 tank, 30 kendaraan lapis baja, dan 62 artileri derek.

Sementara kekuatan lautnya, militer Laos dibekali 35 kapal patroli.

Laos (Kaskus.com)

Republik Afrika Tengah


Pasalnya, di Republik Afrika Tengah memiliki anggaran pertahanan sebesar $20 juta. Untuk sektor udaranya militer negara ini memiliki 1 helikopter dan 2 angkutan.

Kemudian di sektor darat memiliki 55 kendaraan lapis baja dan 20 artileri derek. Dan di sektor laut, Republik Afrika Tengah tidak memiliki persenjataan, dan memang negara ini dikelilingi daratan atau tidak punya garis pantai.

Republik Afrika Tengah (Voaindonesia.com)

Zambia


Militer Zambia tercatat memiliki anggaran pertahanan $40 juta tahun 2020. Zambia hanya memiliki 184 kendaraan lapis baja, 42 artileri derek, dan 50 proyektor roket.

Sementara di udara, negara ini memiliki kekuatan persenjataan total 108 unit.

Zambia (WorldScholarshipForum.com)

Mauritania


Mauritania tercatat memiliki anggaran pertahanan tahun 2020 sebesar $50,25 juta. Di sektor laut, militer negara ini hanya memiliki 4 kapal patroli . 

Sementara di udara hanya memiliki 2 pesawat serangan khusus, 6 pesawat angkutan, 7 helikopter, 7 pesawat misi khusus, dan 9 pesawat pelatih. Sedangkan di darat, militer negara ini memiliki 35 tank dan 95 kendaraan lapis baja, dan 224 artileri derek.

Mauritania (Usembassy.gov)

Somalia

Salah satu militer paling miskin di dunia adalah negara Somalia, bahkan menurut beberapa sumber somalia tidak memiliki pesawat tempur.

Menurut data Tranparency International negara Somalia sendiri dinilai sebagai negara terkorup di dunia, dengan nilai transparansi hanya di angka 9. Di Somalia, korupsi adalah salah satu penyebab utama dan konsekuensi dari ketidakstabilan politik di negara ini. Korupsi tejadi di semua sektor publik maupun swasta. Selain korupsi, negara inipun diguncang oleh perang saudara yang mematikan sejak 1991.

Jadinya negara Somalia diperkirakan hanya punya anggaran belanja pertahanan tahun 2020 sebesar $62,2 juta dan tidak mencatatkan satupun armada tempur di sektor udara. Waduh!

Di sektor darat, Somalia hanya punya 10 tank, 100 kendaraan lapis baja, 30 artileri derek, dan 10 roket yang mendukung angkatan daratnya. Sementara di sektor laut, militer negara ini hanya memiliki 11 kapal patroli.

Nah jadi itulah sederetan Militer paling miskin di dunia gengs, gimana nich menurut kalian gengs?

Somalia (Liputan6.com)