Deretan Makhluk Mitologi Ini Ternyata Beneran Ada di Dunia Nyata Loh, Bukan Cuma Mitos!

Deretan makhluk mitologi ini ternyata beneran ada di dunia nyata loh, bukan cuma mitos!

Mitos bisa jadi hal yang bikin orang-orang jaman sekarang jadi skeptis seketika. Karena di jaman sekarang, orang-orang tumbuh dengan membaca, mendengarkan, atau melihat hal-hal yang fantastis sebagai hal yang tidak nyata.

Tapi ada kalanya sesuatu yang dianggap cuma mitos bisa dibantah dengan penemuan-penemuan ilmiah. Contohnya penemuan beberapa makhluk mitologi yang selama ini cuma dianggap mitos belakan.

Kalo gitu, deretan makhluk mitologi ini ternyata beneran ada di dunia nyata loh. Bukan cuma mitos!

#Naga


Sejak jaman dahulu kala, naga sering diceritakan orang-orang. Masalahnya, masih belum ada orang yang bisa membuktikan keberadaan naga. Hingga akhirnya naga ditempatkan sebagai salah satu hewan mitologi.

Imajinasi tentang naga dikaitkan dengan hewan seperti ular, buaya, hingga dinosaurus. Ukuran tubuhnya pun raksasa.

Di balik itu, manusia belum pernah bertemu dinosaurus secara langsung. Tapi gambaran naga yang paling dekat adalah spesies biawak raksasa yang disebut Megalania. Hewan ini adalah nenek moyangnya komodo atau komodo dragon. Megalania sering meneror suku Aborigin di jaman dulu.

Megalania bisa tumbuh dengan panjang hingga 8 meter dan memiliki berat 1,9 ton! Megalania pun memiliki air liur beracun yang bisa bikin buruannya mati dalam sekejap kehabisan darah. Dan Megalania sendiri adalah megafauna yang pernah hidup di Australia dan telah menghilang sekitar 40.000 tahun silam.

Megalania, moyangnya komodo gambaran naga yang paling mungkin (thedinopark.com)

#Kraken


Dalam mitosnya, Kraken diyakini sebagai gurita raksasa yang sangat ganas. Kraken bisa menghabisi kapal besar menggunakan tentakelnya. Tapi sebenernya, Kraken adalah cumi-cumi raksasa yang justru gak ganas.

Cumi-cumi raksasa pernah ditemukan di Samudra Pasifik. Panjang diperkirakan mencapai 14 meter dengan mata yang sangat besar. Anehnya, cumi-cumi itu juga memiliki alat pengisap, bahkan tentakelnya dilapisi dengan kait yang tajam dan bisa berputar.

Kalo gitu, Kraken gak sekadar mitos belaka gengs. Dengan ciri-ciri tadi, cumi-cumi raksasa itu jelas bisa menghancurkan kapal-kapal yang melintas di atasnya. Persis dengan Kraken yang selama ini cuma dianggap hewan mitologi.

Kraken tuh beneran ada loh gengs~ (businessinsider.com)

#Imoogi


Imoogi adalah hewan mitologi yang berasal dari cerita rakyat Korea. Imoogi berbentuk seekor naga yang masih muda. Imoogi bisa hidup di air atau tinggal di dalam gua. Imoogi juga harus bertahan hidup selama seribu tahun sebelum bisa naik ke surga menjadi naga yang sempurna.

Nah, hewan seperti Imoogi ternyata malah pernah ditemukan di Amerika Selatan. Di sana, pernah ditemukan seekor ular python dengan ukuran tubuh yang sangat besar seperti naga muda tadi. Ular itu disebut Titanboa yang berukuran 14 meter dengan berat lebih dari 1 ton.

Titanboa bukanlah ular berbisa, tapi dia punya kekuatan yang besar untuk menghancurkan musuhnya. Bahkan bisa menelan mangsanya bulat-bulat.

Titanboa sendiri adalah predator terbesar di permukaan bumi selama 10 juta tahun setelah kepunahan dinosaurus. Namun Titanboa menghilang di akhir Zaman Paleosen.

Imoogi yang paling nyata adalah Titanboa (behance.net)

#Moby Dick


Moby Dick adalah ikan paus raksasa yang selama ini dianggap sebagai hewan mitologi semata. Namun, ternyata Moby Dick adalah ikan paus sperma putih raksasa yang disebut Mocha Dick. Sebutan itu karena ikan paus raksasa itu tinggal di dekat Pulau Mocha, Samudra Pasifik.

Mocha Dick pernah menang melawan 100 kapal penangkap ikan paus. Mocha Dick pun berhasil menenggelamkan sebagian kapal yang memburunya. Mocha Dick juga pernah berhadapan dengan tiga kapal penangkap ikan paus sekaligus, dan menang.

Sementara sosok Kapten Ahab yang berhasil memburunya ternyata terinspirasi dari seorang lelaki bernama George Pollard Jr. Akan tetapi, Kapten Pollard tidak membalas dendam setelah kapalnya dihancurkan oleh Mocha Dick.

Di kehidupan nyata, Kapten Pollard kembali melaut sebagai kapten kapal baru. Namun kapal itu tenggelam akibat badai dahsyat. Kapten Pollard akhirnya menghabiskan sisa hidupnya sebagai seorang night watchman.

Moby Dick sebenarnya bernama asli Mocha Dick (en.wikipedia.org)

#Dire Wolf


Dire wolf digambarkan sebagai serigala bertubuh besar yang muncul dalam serial Game of Thrones. Hewan ini dianggap juga sebagai salah satu hewan mitologis yang akhirnya dibantah setelah ditemukan bukti keberadaannya.

Dalam kehidupan nyata, serigala raksasa ini ternyata pernah hidup bersama manusia purba. Serigala ini juga pernah hidup bersama megafauna lainnya di zaman Pleistosen. Dire wolf pun memiliki tubuh yang lebih besar, lebih kuat, dan taring-taring yang lebih tajam.

Dire wolf diyakini hidup di daratan Amerika hingga punah sekitar 10 ribu tahun silam. Hal ini terjadi karena kepunahan para megafauna lainnya di akhir Zaman Es yang menjadi sumber makanan mereka.

Dire wolf pun terlalu lambat untuk memburu mangsa yang lebih kecil. Hal ini memaksa mereka menjadi pemakan bangkai. Hingga akhirnya mereka semua punah akibat kelaparan.

Jadi itulah deretan makhluk mitologi ini ternyata beneran ada di dunia nyata loh, bukan cuma mitos! Percaya gak gengs?

Dire wolf juga pernah hidup berdampingan dengan manusia (vanityfair.com)