Kenapa Sih Banyak yang Bilang Anak Pertama Dianggap Lebih Mandiri dan Anak Kedua Disayang Orang Tua?

Kenapa sih banyak yang bilang anak pertama dianggap lebih mandiri dan anak kedua disayang orang tua?

Ada anggapan di kehidupan sehari-hari bahwa anak pertama dianggap lebih mandiri. Sedangkan anak kedua dianggap lebih disayang orang tuanya. Kenapa sih banyak orang yang bilang begitu?

Anggapan ini tampaknya nyata dalam kehidupan keluarga yang terdiri dari ayah-ibu dan dua orang anak. Entah kamu anak pertama atau anak kedua, apa kamu merasa begitu?

Susan Whitebourne, profesor psikologi dari University of Massachusetts mengatakan bahwa orang tua biasanya memiliki pola asuh tegas terhadap anak pertamanya. Soalnya, anak pertama menanggung beban harapan kedua orang tua.

Akan tetapi, pola asuh tegas itu perlahan akan menghilang ketika anak pertamanya mulai tumbuh dewasa. Apalagi ketika seorang kakak lebih mandiri ketimbang adiknya.

Inilah yang menyebabkan sebagian besar anak pertama dalam sebuah keluarga jadi lebih mandiri dibandingkan adiknya. 

Pada saat bersamaan, orang-orang jadi percaya tentang pentingnya urutan kelahiran. Masyarakat pun memaksakan stereotip pada anak-anak mereka.

Ada anggapan anak pertama lebih mandiri dan anak kedua lebih disayang (freepik.com)

Anak pertama jadi didorong untuk lebih berprestasi dan mandiri. Sementara anak kedua alias adiknya, akan lebih dimanja, disayang, bahkan semua yang diinginkan bisa terwujud dengan segera.

Di balik itu, ada sebuah fakta menarik untuk semua anak pertama dalam keluarga. Sebuah riset membuktikan bahwa anak pertama umumya memiliki prestasi akademik yang lebih baik. Mereka juga memiliki skor IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak kedua dan seterusnya.

Penelitian yang dipimpin Joseph Host ini mengatakan sebenarnya tingkat kecerdasan tidak dipengaruhi faktor urutan kelahiran. Tetapi lebih kepada perlakuan orang tua.

Anak pertama bisa aja mendapat perlakuan lebih disiplin dan mendapatkan pendampingan dalam kegiatan belajarnya. Makanya gak heran bisa lebih berprestasi di sekolah ketimbang adiknya.

Tapi kamu gak usah khawatir jika menjadi anak kedua gengs. Berdasarkan penelitian juga nih, memiliki seorang kakak ternyata bisa membantu kamu meningkatkan kecerdasan. Karena kuncinya emang rajin belajar gengs, gak ada cara lainnya.

Tapi ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing kok (freepik.com)

Di balik itu, anggapan bahwa anak kedua lebih disayang oleh orang tua tidak selalu benar. Hal ini pernah diteliti oleh National Center for Biotechnology Information yang mengatakan bahwa anak pertama adalah anak yang paling disukai semua orang tua.

Berdasarkan penelitian itu, ditemukan bahwa 74% ibu dan 70% ayah mengatakan mereka memang menerapkan sikap, perhatian, dan perlakuan yang berbeda pada masing-masing anaknya.

Tapi, apa pun perbedaan antara anak pertama dan anak kedua, antara kakak dan adik, kalian harus bisa tetap akur gengs. Lebih dari itu, semua orang tua juga pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Kamu anak ke berapa? Apa merasa begitu? (freepik.com)