Manfaat Nonton Film yang Perlu Kamu Ketahui, Bisa Belajar Hal Baru Hingga Mengurangi Stres

Manfaat nonton film yang perlu kamu ketahui. Bisa belajar hal baru hingga mengurangi stres.

Lagi nonton film apa aja belakangan ini gengs? Entah jelek atau bagus filmnya, berarti kamu telah meluangkan waktu untuk menikmati sebuah pertunjukan.

Mau nonton film di tv atau di laptop, pokoknya nonton film tuh penting banget. Kenapa penting? Karena nonton film tuh gak sekadar cara untuk menghibur diri. Lebih dari itu, ternyata ada manfaat nonton film juga loh.

Karena sebenernya gak ada yang gak bermanfaa di dunia, ini dia manfaat nonton film yang perlu kamu ketahui. Bisa belajar hal baru hingga mengurangi stres.

#1 Belajar hal baru


Manfaat nonton film adalah menuntun kita mempelajari hal-hal baru. Film akan menambah wawasan kita tentang budaya, tokoh, keputusan, sikap, tanggung jawab, dan lain sebagainya. 

Manfaat nonton film juga akan ngasih kita pelajaran tentang bahasa asing atau nilai-nilai lain yang belum kita ketahui sebelumnya.

Kamu bisa belajar hal baru hanya dengan nonton film (freepik.com)

#2 Menjaga kesehatan otak


Siapa yang suka genre film horor? Nah, genre film ini ternyata baik untuk kesehatan otak lho. Manfaat nonton film bergenre ini memungkinkan otak untuk melepas senyawa kimiawi seperti dopamin, serotonin, serta glutamat.

Genre horor juga memicu pelepasan adrenalin yang punya efek seperti anestesi. Ini baik untuk kesehatan mental karena bisa menurunkan tingkat stres dan rasa cemas.

Suka nonton film horor ga? (freepik.com)

#3 Mengusir stres


Stres bisa diredam juga dengan nonton film. Apa pun genrenya, asal bisa kita nikmatin film itu, stres akan sirna! Pikiran juga jadi segar.

Stres sirna sudah (freepik.com)

#4 Meningkatkan kesadaran sosial


Banyak nilai yang bisa kita petik dari berbagai judul film yang udah diproduksi selama ini. Karena jumlah film banyak banget, beberapa di antaranya pasti ada deh yang ngena banget buat kalian.

Ambil aja contoh The Pursuit of Happyness (2006). Film drama keluarga ini kece banget, dan nilai perjuangan hidupnya kuat banget. Belom lagi deretan film-film dengan jalan cerita yang cerdas lainnya.

Manfaat nonton film bertema sosial gitu bikin kita jadi lebih peka terhadap isu sosial. Apalagi di lingkungan sekitar kita. Pesan-pesan yang ditangkap penonton bisa menyugestikan hal-hal baik juga kan.

Minimal jadi sadar sekeliling kita (freepik.com)

#5 Terapi film juga ada lho


Penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya bisa juga nyobain terapi film nih. Psikolog Gary Solomon dari College of Southern Nevada menjelaskan bahwa nonton film juga punya manfaat terapi. Terapi ini disebut cinematherapy.

Gary menyebut kalo kita nonton film sendiri di rumah, seseorang bisa nangis, teriak, hepi, dan merenung. Hal itu bisa kita lakukan tanpa perlu penilaian orang lain.

Film juga memungkinkan penontonnya untuk hanyut dalam ceritanya. Kita bisa aja seolah-olah memerankan tokoh yang ada dalam film tersebut usai menontonnya. Hal ini baik lho buat terapi dan jadi inspirasi untuk perkembangan diri kita.

Nah, itu dia manfaat nonton film yang perlu kamu ketahui. Bisa belajar hal baru hingga mengurangi stres.

Terapi sambil nonton film~ (freepik.com)