Tren Makanan 2021 Udah Diprediksi dari Sekarang, Apa Aja Ya Kira-kira?

Tren makaan 2021 udah diprediksi dari sekarang, apa aja ya kira-kira?

Tren makanan 2021 udah diprediksi dari sekarang nih. Dari tahun 2020, mulai bermunculan beberapa makanan yang tampaknya bakal ngehits banget tahun depan nanti gengs.

Prediksi tren makanan 2021 ini bisa dijadiin patokan kalo kamu punya bisnis kuliner. Tapi kalo kamu konsumen, tren makanan 2021 ini juga bisa jadi alternatif yang oke buat dicoba.

Kalo gitu, ini dia tren makanan 2021 yang udah diprediksi dari sekarang. Apa aja ya kira-kira?

#1 Menu alternatif diet


Menu alternatif diet bakal jadi tren makanan 2021 nanti. Menurut penelitian, 31% koki yang disurvei mengatakan gak cukup lagi kalo hanya menawarkan makanan pilihan bebas gluten dan vegetarian pada menu-menunya.

Setelah fad diet gandrung banget, tahun depan beberapa makanan bebas gluten, bebas susu, vegetarian, dan keto bakal ngetren gengs.

Menu alternatif diet bakal jadi tren makanan 2021 (delish.com)

#2 Susu alternatif


Susu alternatif juga bakal jadi tren makanan 2021 nanti gengs. Susu alternatif ini biasanya susu almond atau susu kedelai yang udah banyak ditawarkan di kedai-kedai kopi.

Susu alternatif lainnya bisa berbahan dasar susu kelapa, nasi, rami, oat, dan banyak lagi.

Susu alternatif, susu kelapa misalnya (bbcgoodfood.com)

#3 Kombucha


Kombucha dan fermentasi teh lainnya bakal jadi tren makanan 2021 juga nih gengs. Hal ini karena status "hard kombucha" naik dalam 12 bulan terakhir. Meski begitu, kombucha keras ini mungkin gak bakal dijual bebas di Indonesia. Tapi varian kombucha non-alkohol bakal digemari.

Kombucha sendiri adalah produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan tehdan gula menggunakan starter mirkob kombucha (Acetobacter xylinum). Proses fermentasinya berlangsung 8-12 hari.

Kombucha juga bakal ngetren nih tahun depan (thespruceeats.com)

#4 Kuliner lintas budaya


Tren makanan 2021 nanti juga bakal masuk kuliner lintas budaya. Artinya, konsumen bakal mengganti beberapa menu masakan tradisional dengan beberapa menu tradisional dari berbagai daerah di Indonesia atau dari mancanegara.

Kuliner lintas budaya atau cross cultural cuisine ini bakal lebih banyak dipraktikkan para chef kenamaan. Sebenernya lebih mirip ke masakan fusion gitu ya. Rasanya pasti unik mulai dari perpaduan masakan Meksiko dan Asia Tenggara, Prancis, Skandinavia, Afrika, China, Amerika Latin, dan sebagainya. 

Semuanya bakal dipadukan. Bakal kayak apa ya rasanya?

Kuliner llintas budaya alias cross cultural cuisine (cultureready.org)

#5 Menu anak


Konsumen di seluruh dunia bakal berubah setelah pandemi virus corona melanda dunia sepanjang 2020 ini. Ada berbagai perubahan termasuk dalam menu anak.

Para orang tua akan mulai mengenalkan anak-anak mereka berbagai jenis makanan sehat berupa sayuran dan buah-buahan. Bakal jadi tren makanan 2021 deh yang pasti.

Menu makanan sehat buat anak juga bakal jadi tren makanan 2021 (freepik.com)

#6 Kopi koktail


Kopi koktail juga diprediksi jadi tren makanan 2021. Koktail yang dikenal sebagai minuman beralkohol rendah kayaknya bakal ngetren juga nih tahun depan. Terutama koktail berbasis kopi ya.

Espresso tonic atau minuman dingin nitro bakal diprediksi ramai dikonsumsi orang-orang tahun depan. Rasanya unik dan bakal ngehits kayaknya.

Kayaknya menarik nih kopi koktail (acouplecooks.com)

#7 Aneka selai


Tren aneka selai juga semakin ngehits nih belakangan ini. Aneka selai juga diprediksi bakal jadi tren makanan 2021 nanti. Bahkan bakal bermunculan rasa-rasa yang lebih unik lagi.

Tren ini terjadi setelah meningkatnya minat terhadap mentega almond dan olesan Nutella untuk roti dan berbagai jenis makanan lainnya. Selai mentega mete, mentega biji semangka, hingga mentega kacang macadamia bakal populer banget tahun depan.

Itu dia deretan tren makanan 2021 yang udah diprediksi dari sekarang. Semoga lebih seru deh tahun depan.

Aneka selai juga bakal ngetren tahun depan (downshiftology.com)