Pohon Natal Terbesar di Dunia Ada di Italia, Belom Ada Saingannya Nih Selama 30 Tahun Terakhir

Pohon Natal terbesar di dunia ada di Italia. Belom ada saingannya nih selama 30 tahun terakhir.

Pohon Natal terbesar di dunia ternyata ada di Italia gengs. Pohon Natal terbesar itu bahkan telah memegang rekor Guinness World Record selama 30 tahun terakhir.

Pohon Natal terbesar di dunia itu berada di Gubbio, sebuah kota kecil abad pertengahan. Kota itu terletak di kaki Gunung Ingino, Umbria, Italia.

Sejarahnya bermula pada tahun 1981 silam. Saat itu dibuatlah sebuah pohon Natal sepanjang 750 meter. Pohon Natal itu tersebar di lereng gunung yang dinyalakan untuk pertama kalinya.

Sejak tahun 1981 itu, setiap tanggal 7 Desember, lebih dari 700 lampu raksasa disusun agar menyerupai pohon Natal. Pohon Natal itu juga tetap aktif dinyalakan sepanjang musim liburan di Italia.

Pohon Natal terbesar di dunia itu juga tetap dinyalakan hingga hari Epifani atau Hari Raya Penampakan Tuhan yang dirayakan oelh beberapa gereja Kristen yang jatuh setiap tanggal 6 Januari.

Pohon Natal terbesar di dunia (wantedinrome.com)

Pohon Natal terbesar di dunia itu dibuat untuk menghormati Santo Ubaldo, pelindung kota itu. Pohon Natal Gunung Ingino itu juga diakui Guinness Book of Record sebagai "pohon Natal terbesar di dunia" tahun 1991.

Sejak itu, belom ada tandingan pohon Natal yang lebih besar lagi. Berarti, rekor itu telah dipegang oleh pohon Natal Gubbio selama 30 tahun terakhir ya.

Untuk membuat pohon Natal menyala dan menerangi kaki Gunung Ingino, warga setempat membutuhkan usaha yang besar. Tapi untunglah ada sekelompok relawan lokal bernama "Alberaioli" yang selalu memastikan kabel dan ribuan lampu yang terpasang dalam kondisi baik.

Lokasinya ada di Gubbio, Umbria, Italia (viladeiplatani.com)

Tahun lalu, warga Gubbio harus memeriksa lebih dari 8,5 kilometer kable dan 3.000 lampu berkekuatan 35 kilowatt (kW) gengs.

Di bagian puncak pohon Natal terbesar di dunia itu terdapat gugusan lampu yang dibentuk seperti bintang pohon Natal. Terdiri dari 1.350 lampu.

Sampe sekarang masih memegang Guinness World Record loh (this-is-italy.com)