Padahal Punya Banyak Manfaat, Masih Banyak Orang yang Buang Kulit Ayam Karena Dianggap Gak Sehat

Padahal punya banyak manfaat, masih banyak orang yang buang kulit ayam karena dianggap gak sehat.

Ada dua tipe orang saat makan ayam goreng. Orang yang doyan banget sama kulit ayam dan orang yang memilih membuang kulit ayam. Tipe yang kedua ini biasanya menganggap bagian itu gak sehat.

Anggapan ini didukung sebuah "fakta" bahwa kulit ayam memiliki kandungan lemak tinggi. Hal itu juga bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. 

Dampak lainnya seperti menyebabkan darah tinggi hingga masalah jantung. Maka, banyak orang menghindari makan kulit ayam. Apalagi buat orang-orang yang lagi diet. Kamu juga?

Tapi, sebuah penelitian menunjukkan sebuah fakta lain. Penelitian tentang kulit ayam yang dilakukan para peneliti di Harvard menemukan bahwa kulit ayam memiliki nilai gizi yang baik. Dari penelitian itu, kulit ayam juga diketahui gak akan menyebabkan masalah kesehatan tadi.

Laporan penelitian menyebutkan bahwa kulit ayam emang berlemak. Tapi lemak di kulit ayam masuk dalam kategori lemak sehat. Hal ini malah berpotensi mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Saat memasak ayam dan kita memilih untuk menghilangkan kulitnya, maka minyak akan lebih mudah masuk ke dalam daging ayam. Ini yang lebih berisiko.

Kulit ayam, siapa nih yang doyan? (id.wikihow.com)

Kalo kulitnya gak kita buang, daging ayam tentu akan terlindung dari minyak saat dimasak. Kulit ayam menjadi semacam penghalang bagi minyak tadi.

Dikutip dari SCMP, ahli gizi bernama Sheena Smith mengatakan bahwa hal utama yang membuat kulit ayam gak sehat tuh dari cara masaknya!

"Jika mencelupkan lemak ayam ke dalam adonan dan remah roti lalu menggorengnya, maka kita hanya menambahkan kalori yang nggak berarti. Pada dasarnya membuatnya menjadi sesuatu yang gak sehat," kata Sheena Smith, dari Integrated Medicine Institute.

Meski begitu, kalo bisa sih ya gak berlebihan juga makan kulit ayam. Apalagi buat para penggemar kulit ayam nih, gak baik juga. Soalnya, ayam yang dijual secara komersil biasanya udah disuntikkan dengan hormon dan antibiotik.

Ternyata kulit ayam punya manfaat juga ya~ (todayonline.com)

Jadi, setiap badan ayam menyimpan kandungan bahan kimia yang tersimpan dalam lemaknya. Jadi kalo kita makan, bagian ini gak sehat. Terutama kalo sering-sering ya.

Tapi kalo kamu tau asal-usul ayam yang dipelihara sendiri atau dari peternakan sendiri, setidaknya kita tau deh batasannya. Paling tidak aman-aman aja buat dimakan.

Pokoknya, sesuatu yang berlebihan tuh nggak baik gengs. Jadi makan kulit ayam ya makan aja, yang penting gak berlebihan. Toh, punya banyak manfaat juga kok buat tubuh kita.

Meski begitu, ya jangan berlebihan juga sih ... (stuff.co.nz)