Inilah Beberapa Alasan Kenapa Masih Banyak Orang yang Suka Menjilat Ludah Sendiri

Inilah beberapa alasan kenapa masih banyak orang yang suka menjilat ludah sendiri.

Kita tau bahwa istilah "menjilat ludah sendiri" bukan berarti melakukan hal itu beneran. Tapi, banyak orang yang masih melakukannya.

Setidaknya, kita semua pernah melakukannya. Itu karena gak semua orang bisa memegang perkataannya sendiri. Bahkan banyak juga orang yang terjebak meski udah punya prinsip. Ya, masih menjilat ludah sendiri.

Tapi bukan tanpa alasan kok kenapa orang-orang masih melakukannya. Jadi kamu mesti hati-hati dalam berkata-kata. Inilah beberapa alasan kenapa masih banyak orang yang suka menjilat ludah sendiri.

#1 Gak mikir panjang

Orang-orang yang menjilat ludah sendiri rata-rata gak mikir panjang dengan apa yang dia katakan. Asal keluar aja dari mulutnya tanpa berpikir panjang tuh bahaya gengs.

Mulai sekarang, hati-hati dalam bicara. Jangan mengatakan sesuatu yang keluar dari dalam hati tanpa pikir panjang. Menjilat ludah sendiri bikin orang lain gak percaya lagi sama kita.

Pikir panjang dulu sebelum mengatakan sesuatu (freepik.com)

#2 Terbawa suasana


Perkataan gak baik bisa terlontar dari mulut seseorang ketika dia terbawa suasana. Itu bisa terjadi ketika dalam kondisi emosi apa pun, apalagi pas lagi marah atau kacau.

Hindari menjilat ludah sendiri dengan tetap berpikir panjang sebelum berkata. Terbawa suasana sih boleh aja, tapi jangan asal ngomong juga ya. Nanti malah kamu sendiri yang rugi.

Terbawa suasana juga bisa bikin kamu menjilat ludah sendiri (freepik.com)

#3 Menilai dari satu sisi


Banyak orang yang gampang banget menilai sesuatu dari satu sisi aja. Menilai sesuatu ya sah-sah aja, tapi kenapa cuma dari satu sisi?

Usahakan gunakan penilaian kamu dari beberapa sisi. Bukan hanya dari yang tampak dari depan mata aja. Kalo nggak, risikonya ya kamu bakal menjilat ludah sendiri nantinya. Dan, jangan terlalu gampang menilai seseorang, apalagi meremehkannya.

Menilai sesuatu hanya dari satu sisi tuh bahaya juga loh (freepik.com)

#4 Membohongi perasaan

Katakanlah hal sesuati dengan perasaan kamu. Jangan bohongi diri sendiri. Tapi ya kayak tadi, jangan langsung menilai dari satu sisi dan tetap pikir panjang sebelum berkata.

Membohongi perasaan sendiri emang gak asik. Asalkan porsinya pas, kamu bisa mengatakan sesuatu yang sesuai. Jangan sampe membohongi perasaan sendiri, karena nantinya kamu bisa menjilat ludah sendiri loh.

Jangan bohongi perasaanmu sendiri gengs~ (freepik.com)

#5 Karma


Kamu bisa menjilat ludah sendiri juga kok ketika misalnya kamu kenal seseorang. Sebutlah lawan jenis. Awalnya kamu bilang gak suka karena orang itu bikin kamu ilfeel. Tapi jangan heran, karma does exist gengs.

Bisa aja kamu bakal suka sama orang itu. Orang itu juga bisa bikin hati kamu luluh. Dan ketika diingat-ingat, bukankah kamu pernah bilang gak suka sama orang itu ya?

Nah, kamu bisa kena efek karma tuh. Kamu pun bakal dianggap telah menjilat ludah sendiri. Jadi pesan pentingnya adalah ... hati-hati dalam mengatakan sesuatu.

Karma does exist, gengs! (freepik.com)