Kok Indonesia Gak Jadi Negara Islam Aja Sih? Ini Jawaban Cerdas Gus Dur Gengs

Jawaban yang cerdas dan simple tokoh NU kenapa Indonesia gak jadi negara Islam aja.

Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim. Tapi bukan termasuk negara yang menerapkan hukum Islam sepenuhnya untuk masyarakat. Kenapa sih Indonesia gak jadi negara Islam aja ya?

Begini penjelasan dari salah seorang tokoh NU yang legendaris banget. Beliau adalah almarhum Gus Dur. Beliau dikenal sebagai ulama yang kharismatik dan sangat toleran.

Gus dur dekat dengan banyak tokoh agama dan beliau pula yang ngasih contoh sendiri pada masyarakat. Kalau memang di Indonesia kita berdampingan hidup dengan pemeluk agama lain.

Alasan Gus Dur mengenai Indonesia yang gak menjadi negara Islam diposting melalui Instagram. Akun @NahdlatulUlama yang merupakan akun resmi NU.

"Kalau ada pertanyaan, kenapa Indonesia tidak membikin negara Islam? Jawabannya mudah "karena tidak ada kewajiban untuk mendirikannya" Mengapa? Simak penjelasan Gus Dur berikut ini,” tulis akun @NahdlatulUlama.

Gus Dur mengawali jawabannya dengan kembali mengingatkan pada kosnep jahat jaman Kolonial. Konsep ini udah pernah digaungkan sama K.H. Hasyim Asyari, kakek Gus Dur.

Alasan kenapa Indonesia gak jadi negara Islam (cnn.com)

Beliau menjelaskan kalau negara Islam itu gak wajib kok buat dibentuk.

"Negara Indonesia jika diserang bangsa lain harus dipertahankan sebagai perintah agama. Wajib hukumnya. Mati di situ surga imbalanya," kata almarhum Gus Dur dalam Bahasa Jawa.

"Maka dari itu kita tidak perlu bingung jika diserang pertanyaan ‘Kok enggak bikin negara Islam?’. Jawabannya mudah, ‘Lha enggak wajib kok," sambungnya.

Negara Islam ada kelebihan dan kekurangan. Tapi gak bikin negara Islam juga gak masalah kok. Gus Dur menjelaskan kalau Indonesia malah gak cocok jadi negara Islam.

"Bikin (negara Islam) bagus, enggak bikin juga enggak apa-apa. Kalau Indonesia lebih baik enggak bikin (Negara Islam)," tegas Gus Dur.

Jawaban Gus Dur soal negara Islam (muslimobsession.com)

Karena di negara ini juga banyak penganut agama lain. Umat Islam hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain yang gak sedikit jumlahnya.

"Karena apa? Karena agamanya beragam, ada Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghucu. Jadi itu sebab-sebab berdirinya negara yaitu mempertahankan keragaman kebhinekaan," tandasnya.

Tokoh NU lain, Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Musthofa Aqil Siroj juga pernah menjelaskan hal yang sama beberapa tahun lalu gengs. Sepakat dengan pejelasan Gus Dur semasa masih hidup.

"Pertama, Nabi Muhammad itu tidak mendirikan negara Islam. Madinah, tidak dibuat sebagai negara Islam. Kedua, yang namanya khalifah (pemimpin Islam) yang mana? Suriah, Irak, atau Libya yang memakan banyak korban jiwa karena perang saudara? Atau, Arab Saudi yang sekarang sedang perang dengan Yaman," jelas Musthofa Aqil Siroj.

Begitulah gengs jawaban cerdas dan tokoh NU soal kenapa Indonesia gak jadi negara Islam. Simpel tap mengena juga ya.

Tokoh NU Musthofa Aqil Siroj (YouTube)