7 Hal yang Harus Dicoba Kalau Kamu Tertekan dengan Media Sosial Tapi Gak Bisa Berhenti

Gak cuma kamu kok, banyak yang sama. Lakukan 7 hal ini biar bisa mengurangi beban mental.

Media sosial disebut sebagai salah satu biang masalah kesehatan mental. Melihat kebahagiaan dan kehidupan indah orang lain, membuat seseorang merasa gak berharga dan gak bahagia. Tapi ya meski tahu fakta ini tapi banyak orang yang gak bisa berhenti.

Kalau emang gak bisa berhenti kamu bisa mengurangi kok gengs. Begini caranya manajemen media sosial agar kamu lebih banyak dapet manfaatnya. Daripada dapet negatif terus.

1. Gak usah pakai semua media sosial

Ada banyak pilihan yang bisa kamu paka. Twitter, Instagram, TikTok, dan Facebook. Kalau semua kamu gunakan, waktu hanya akan habis dengan berkeliling di media sosial.

Kalau kamu gak bisa berhenti pakai media sosial, pertimbangkan untuk mengambil langkah kecil dengan mengurangi aplikasi yang tidak benar-benar kamu nikmati.

2. Benar-benar berkomentar dan membalas dengan baik

Terapis Jor-El Caraballo, L.M.H.C., sebelumnya memberi tahu kalau membalas komentar dan berinteraksi dengan positif berdampak baik. Selain hubungan yang baik, membagi kebahagiaan dengan komentar baik dan like juga membuatmu merasa lebih baik,

Salah satu cara yang kuat untuk meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaanmu sendiri. Satu komentar baik bisa jadi berharga untuk orang lain.

Stress dengan media sosial (newswebzone.com)

3. Matikan notifikasi push

Berfungsi untuk melepaskan diri dari berita yang berpotensi membuat stres dan membantu diri sendiri untuk gak terlalu terikat dalam komentar, suka, dan keterlibatan lainnya.

terus kalau kamu posting sesuatu, sudah letakkan dan lihat nanti lagi aja. kadang, kalau gak dapat like dan komentark kamu jadi kecewa kan?

Mulai sekarang, kurangi harapan-harapan disukai banyak orang. Berbagi saja melalui media sosial. Soal gimana dampaknya, ya udah aja.

4. Berhenti mengikuti kebencian

Apakah ini perlu dikatakan pada tahun 2020? Sepertinya begitu! Mengikuti kebencian dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari mengikuti figur publik yang kontroversial. Juga mengikuti influencer gaya hidup sempurna yang fotonya membuatmu merasa kentang.

Bahkan kamu juga mulai melhat berita konspirasi dan ujaran kebencian. Komentar negatif dan saling hujat. Berhentilah mengikuti hal negatif di media sosial.

Matikan notifikasi (infoworld.com)

5. Unfollow akun yang bikin kamu gak nyaman

Kalau kamu punya temen yang toxic atau gak nyaman dengan seseorang, bisa kok kamu unfollow aja. Atau jika merasa gak enak, Sembunyikan update mereka atau batasi akses mereka pada akunmu.

Media sosial seperti rumah. Kamu gak harus open house buat semua orang. Jadikan rumahmu nyaman.

6. Ikuti juga banyak akun baru

Ikuti akun yang menginspirasi, menyegarkan, atau lucu. Sesuatu yang membuatmu merasa senang dan mendapatkan manfaat dari melihat media sosial.

7. Tetapkan batasan

Beberapa dari batasan bisa membuatmu mengurangi penggunaan media sosial.

Batasan waktu: Ini bisa berarti memberi batasan waktu pada diri sendiri untuk berapa banyak total waktu yang kamu habiskan di media sosial per hari. Juga bisa terlihat seperti memutuskan kapan "waktu media sosial", misalnya pas istirahat makan siang atau setelah jam kerja .

Batasan ruang: Ini seringkali bermuara pada membuat tempat-tempat tertentu terlarang untuk media sosial, seperti tempat tidur atau meja makan.

Batasan konten: Terakhir, batasan seputar media sosial. Terkait mengurangi aplikasi mana yang kamu gunakan dan menentukan siapa yang kamu ikuti.

Selamat mencoba ya gengs!

Batasi penggunaan (au.pcmag.com)