Hal-hal Ini Pasti Dirasakan Orang-orang yang Pacaran Beda Agama

Hal-hal ini pasti dirasakan orang-orang yang pacaran beda agama.

Cinta selalu jadi misteri. Kita nggak akan pernah tau bakal jatuh cinta sama siapa. Kita juga gak tau mulai kapan kita jatuh cinta dengan orang itu.

Makanya kadang-kadang seseorang bisa jatuh cinta dengan orang yang memiliki banyak perbedaan dengan kita. Misalnya perbedaan agama.

Masyarakat Indonesia sendiri menjalani beberapa agama yang berbeda-beda. Makanya, pacaran beda agama bukanlah hal yang gak mungkin terjadi di sini. Pernikahan beda agama juga mungkin aja terjadi kok gengs.

Nah, hal-hal ini pasti dirasakan orang-orang yang pacaran beda agama.

#1 Bingung soal masa depan

Pacaran beda agama mungkin tetap berjalan seperti biasa. Seperti pasangan pada umumnya. Tapi soal masa depan, mungkin kalian berdua akan bingung ya.

Terutama soal mau dibawa ke mana hubungan kalian nantinya. Kalo menikah gimana prosesnya. Ada yang pindah agama atau nggak, dan seterusnya.

Padahal pacaran dengan orang yang seiman juga kudu mikirin masa depan juga sih.

#2 Susah mendapat restu orang tua

Setelah bingung soal masa depan, mungkin kalian berdua juga akan susah mendapat restu orang tua. Hal yang satu ini banyak terjadi gengs. 

Soalnya, rata-rata orang tua di negeri ini menginginkan anaknya menikah sama orang yang seiman. Beberapa orang tua mungkin akan setuju aja, tapi biasanya dengan syarat. Hal ini juga bisa bikin kalian berdua pusing.

Pacaran beda agama bikin mikir banget soal masa depan (freepik.com)

#3 Temen juga nyaranin cari orang lain

Kalian yang pacaran beda agama mungkin akan disarankan oleh teman-teman kalian. Sarannya jelas untuk mencari orang lain. Kira-kira yang "seiman" lah.

Soalnya, kadang-kadang teman kalian juga ragu denga hubungan beda agama yang kalian jalani. Mungkin juga ada teman yang mendukung sih, meski mereka tetap mempertanyakan arah hubungan kalian itu.

#4 Nggak bisa beribadah bersama

Pacaran beda agama membuat kalian gak bisa beribadah bersama-sama. Apalagi, kalo ada aturan di agama kalian yang melarang datang ke tempat ibadah agama lain.

Tapi gak masalah sih, selama saling mendukung satu sama lain. Itu keputusan kalian gengs.

Restu orang tua dan teman tuh penting banget sebenernya (freepik.com)

#5 Kepikiran jika salah satu pindah agama

Lama-lama kalian bakal kepikiran gimana kalo salah satu di antara kalian pindah agama. Ini pasti bakal memudahkan hubungan. Selain itu juga bisa beribadah bersama.

Tapi, kenyataan nggak semudah itu. Orang tua kita semua pasti ingin anaknya tetep yakin pada agamanya sampe kapanpun.

#6 Merasa bersalah

Mungkin ada juga beberapa dari kalian yang merasa bersalah gara-gara menjalani hubungan beda agama. Kalian takut mengecewakan orang tua dan agama kalian sendiri.

Meski dihinggapi perasaan bersalah, kamu tetep nggak mau mutusin doi. Rasa cinta bakal mengalahkan segalanya.

Buat kalian yang menjalani cinta beda agama, yang sabar ya. Semoga kalian segera menemukan solusi yang terbaik dalam hubungan kalian.

Pernah kepikiran untuk pindah agama gak sih? (freepik.com)