Dicopot dari Jabatannya, Inilah Koleksi Mobil Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana

Dicopot dari jabatannya, inilah koleksi mobil Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana.

Irjen Nana Sudjana harus rela melepaskan jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya. Pencoptan jabatannya itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri bertanggal 16 November 2020. Isinya tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Apa penyebab pencopotan Irjen Nana Sudjana sebagai Kapolda?

Menurut Kadiv humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, jenderal polisi berbintang dua dicopot itu dari jabatannya karena tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, ribuan bahkan puluhan ribu massa telah menyambut kedatangan Habib Rizieq pada Selasa, 10 November 2020 lalu di Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu terjadi kerumunan massa yang akan menjemput Habib Rizieq.

Tak hanya itu, massa Habib Rizieq juga memadati kawasan di sekitar kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta.

Lebih jauh, kerumanan massa kembali terjadi ketika Front Pembela Islam (FPI) menggelar hajatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta. Bahkan keesokan harinya, Habib Rizieq pun menggelar acara pernikahan putrinya yang ikut mengundang kerumunan di Petamburan.

Meski begitu, alasan pencopotan sang Kapolda Metro Jaya memang tidak dirincikan. Namun selama menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana telah melaporkan harta kekayaannya yang juga menjadi sorotan publik.

Irjen Nana Sudjana dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya (kompas.com)

Laporan Harta Kekaayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Irjen Nana Sudjana pun dimuat dalam situs Komisi Pemberantarasan Korupsi (KPK). Harta kekayaannya dilaporkan pada 14 Desember 2019/periodik 2018. Persisnya ketika ia menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat.

Dalam laporan itu, Nana memiliki total harta kekayaan mencapai Rp4,3 miliar. Dari total nilai itu, harta senilai Rp405 juta di antaranya adalah harta kekayaan berjalan alias koleksi kendaraan pribadinya.

Di dalam garasi rumahnya, Nana hanya memiliki satu unit sepeda motor Honda Supra Fit produksi tahun 2007. Harga jualnya sekitar Rp5 jutaan.

Nana memiliki Toyota Camry tahun 2014 dan Kijang Innova tahun 2016 (youtube.com)

Sementara untuk koleksi mobilnya, Nana memiliki dua unit mobil yaitu Toyota Camry tahun 2014 dengan harga kisaran Rp200 juta. Satu lagi Toyoya Kijang Innova tahun 2016 dengan harga ual senilai Rp200 jutaan.

Kalo gitu, Irjen Nana Sudjana berarti gak punya moto gede alias moge ya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat ini memang telah dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya. Namun dalam keputusan berdasarkan surat pencopotannya, Irjen Nana Sudjana menempati posisi baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Dan sepeda motor Honda Supra Fit (reqnews.com)