5 Hal Yang Menyebabkan Bibir Kering dan Pecah, Menjilat Bibir Bikin Lebih Parah

Bibir hanya dilindungi oleh lapisan tipis kulit dan gak punya kelenjar minyak.

Bibir merupakan bagian tubuh yang perlu diperhatikan. Bibir yang gak sehat bisa terlihat kusam, kering dan pecah-pecah. Sangat mengganggu penampilan kan gengs?

Kenapa sih bibir gampang pecah-pecah?

Salah satu penyebabnya adalah kulit bibir yang tipis dan gak punya kelenjar minyak. Jadi kamu memang harus menjaga kelembabanya dengan perawatan lebih. Selain itu kebiasaan berikut ini bisa menyebabkan bibir menghitam dan gak sehat.

1. Menjilat bibir

Adalah anggapan yang salah kalau kamu masih saja menjilat bibir untuk membuatnya lembab. Air liur tidak bisa melembabkan bibir karena akan cepat menguap. Justru air liur menipiskan lapisan kulit bibir dan menghilangkan kelelbaban alami. Karena air liur di desain untuk mencerna makanan. Bukan mengandung bahan pelembab.

2. Dehidarasi

Kurang air putih menyebabkan bibir dan kulit menjadi kering. Jaga asupan cairan dengan konsumsi 8-12 air putih dalam satu hari. Air putih ya gengs, bukan cuma minum kopi, soda atau minuman manis lainnya.

Bibir kering dan pecah (alighahary.ca)

3. Cahaya matahari dan dingin

Cahaya matahari mengandung sinar UV yang bisa menganggu kesehatan bibir dan kulit. Bahkan di tengah cuaca yang mendung dan berawan sekalipun, kamu tetap harus melindungi bibir dengan masker atau produk mengandung SPF. Cuaca dingin dan ruangan ber AC juga bisa menjadi bibir kering. Gunakan lip balm dengan SPF agar bibir kamu tetap sehat.

4. Makanan pedas dan asin

Garam yang terkandung dalam makanan asin bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan makanan pedas. Kalau bibir udah gak sehat banyak-banyak aja makan buah dan sayur ya gengs.

Lip balm (lipstickparlour.com)

5. Gak cocok dengan produk make up

Kalau biasanya bibir kamu gak bermasalah, tapi terus jadi kering dan pecah setelah pakai lipstik baru. Nah, bisa jadi karena emang gak cocok ya gengs. Hentikan pemakaian produk yang gak cocok sama bibir kamu. Sebelum tambah parah.

Untuk menjaga kesehatan bibir gunakan lip balm dengan kandungan SPF dan gunakan lip balm tanpa pewarna dan pewangi menjelang kamu tidur.

Bibir sehat merona (imabeautygeek.com)