Misteri Lokasi Jatuhnya MH370 Diklaim Terungkap, Tapi Pakar Bilang Target Tempat Pencarian Salah

Misteri lokasi jatuhnya MH370 diklaim terungkap. Tapi pakar bilang target tempat pencarian salah.

Kecelakaan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 menyisakan misteri. Pesawat yang terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia dengan tujuan Beijing, China itu menghilang pada Maret 2014 lalu.

Hingga kini, masih belum diketahui penyebab pasti kecelakaan pesawat tersebut. Bahkan, lokasi jatuhnya MH370 pun masih menjadi misteri.

Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 ini telah berlangsung setidaknya dalam 4 tahun terakhir. Biaya pencarian bangkai pesawat MH370 juga sangat besar, mencapai 200 juta dollar AS, setara dengan Rp2,9 triliun.

Di balik itu, sejumlah spekulasi muncul terkait lokasi jatuhnya MH370. Ssetelah 6 tahun menghilang tanpa jejak, pesawat yang membawa 239 penumpang di dalamnya itu diklaim telah ditemukan.

Pakar penerbangan meyakini bahwa pesawat Boeing 777 itu jatuh ke Samudra Hindia. Titik koordinatnya S34.2342 dan E93.7875. Dari koordinat itu, berarti pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh sekitar 2.070 kilometer lepas pantai Perth, Australia.

Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH370 masih jadi misteri(dailymercury.com.au)

Insinyur penerbangan Victor Ianello bersama timnya menyatakan bahwa puing-puing bangkai pesawat nahas itu kemungkinan jatuh dalam jarak 100 mil laut. Jauh dari titik koordinat yang disebutkan. Ianello juga memaparkan bahwa pesawat itu terbang sejauh 4.340 kilometer melewati Indonesia sebelum akhirnya jatuh ke dalam laut.

Pakar penerbangan Byron Bailet pun memiliki klaimnya sendiri. menurutnya, operasi pencarian pesawat itu dilakukan di lokasi yang salah. Seharusnya, menurut Bailet, fokus pencarian pesawat tersebut di Samudra Hindia bagian selatan.

Bailey meyakini bahwa pencarian justru dilakukan di lokasi yang jaraknya 30 kilometer dari lokasi sebenarnya dari bangkai pesawat itu berada.

Pesawat MH370 diperkirakan jatuh 2.000 kilometer dari Perth, Australia (inquisitr.com)

"Jika perkiraan saya salah, pesawat itu mungkin telah dibajak oleh alien atau ditempatkan di hanggar di suatu tempat di Kazakhstan," ungkap Bailey.

"Saya berani mempertaruhkan segalanya sebagai jaminan atas informasi tersebut. Karena saya tahu di mana tempatnya," sambung Bailey.

Bagaimanapun juga, hilangnya pesawat Maaysia Airlines MH370 tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan selama 6 tahun ini.

Meski berbagai spekulasi telah beredar, hingga kini masih belum ada pernyataan resmi dari pihak manapun yang menyatakan bahwa bangkai pesawat MH370 telah ditemukan.

Setelah 6 tahun menghilang, MH370 masih jadi misteri (airlineratings.com)