Gak Usah Heran Lagi, Inilah Deretan Pemimpin Dunia yang Dapet Gaji Tinggi dari Negara

Gak usah heran lagi, inilah deretan pemimpin dunia yang dapet gaji tinggi dari negara.

Gak usah heran lagi deh kalo pemimpin negara bakal dapet gaji tinggi dari negara. Ya, ngurusin sebuah negara yang wilayahnya kecil sekalipun emang gak gampang gengs. Keputusan seorang pemimpin negara sangat menentukan kemajuan negara tersebut.

Umumnya penghasilan para pemimpin negara disesuaikan dengan kekayaan negara. Termasuk pendapat per kapitanya. Dari situ, gaji mereka tentu akan berlipat-lipat lebih banyak dari gaji rakyat di negara tersebut.

Tapi, para pemimpin dunia ini justru punya gaji yang sangat tinggi dari negaranya. Nah, gak usah heran lagi, inilah deretan pemimpin dunia yang dapet gaji tinggi dari negaranya.

#10 Xavier Bettel


Xavier Bettel adalah seorang Perdana Menteri Luksemburg. Negara kecil di jantung Eropa ini emang memiliki pendapat per kapita paling tinggi se-Eropa gengs. Makanya, negara itu bisa menggaji perdana menterinya sangat tinggi.

Xavier Bettel mendapatkan 48 sen dari 596 ribu penduduknya. Maka Bettel diprediksi mendapat gaji tinggi sebesar 278.035 dollar AS per tahun, sekitar Rp4,1 miliar lah.

Xavier Bettel, Perdana Menteri Luksemburg (euronews.com)

#9 Sebastian Kurz


Sebastian Kurz adalah seorang Kanselir Austria. Dia adalah pemimpin muda berusia 34 tahun yang digaji sangat tinggi oleh negaranya. Dia mendapatkan gaji enam kali lipat lebih tinggi dari warga Austria pada umumnya.

Dalam setahun Sebastian Kurz akan mendapat gaji sebesar 328.584 dollar AS, sekitar Rp4,8 miliar!

Sebastian Kurz, Kanselir Austria paling muda (foreignpolicy.com)

#8 Mohamed Ould Abdel Aziz


Pemimpin dunia dengan gaji tertinggi selanjutnya adalah Presiden Mauritania Mohamed Ould Abdel Aziz. Presiden ini dikabarkan menerima gaji per bulan yang hampir sama dengan penghasilan presiden China setahun.

Abdel Aziz dilaporkan digaji negaranya hingga 330.000 dollar AS per tahun, sekitar Rp4,6 miliar. Dia bahkan telah menjadi Presiden Mauritania selama 10 tahun terakhir.

Mohamed Ould Abdel Aziz, Presiden Mauritania (news24.com)

#7 Jacinda Ardern


Jacinda Ardern adalah salah satu pemimpin dunia yang dapet gaji tinggi dari negaranya, Selandia Baru. Sebagai Perdana Menteri Negeri Kiwi, Jacinda bisa mengantongi penghasilan 20 kali lipat lebih banyak dari warga Selandia Baru.

Jacinda Ardern digaji oleh negara sebesar 339.862 dollar AS per tahun, sekitar Rp5 miliar lah.

Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru (standard.co.uk)

#6 Angela Merkel


Kanselir Jerman Angela Merkel juga menjadi pemimpin dunia yang mendapat gaji sangat tinggi dari negaranya. Merkel yang telah menjadi kanselir selama 13 tahun ini mendapatkan gaji delapan kali lipat lebih tinggi dari pendapatan per kapita Jerman.

Angela Merkel mendapat gaji sebesar 369.727 dollar AS per tahun. Itu berarti sekitar Rp5,4 miliar.

Angela Merkel, Kanselir Jerman (qz.com)

#5 Scott Morrison


Di posisi selanjutnya adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Sebagai pemimpin Australia, Scott bisa mengantongi pendapat hingga tujuh kali lipat lebih banyak daripada warganya.

Pendapatan Scott Morrison yang pernah jadi manajer sebuah perusahaan per tahun bisa mencapai 378.415 dollar AS. Sekitar Rp5,8 miliar.

Scott Morrison, Perdana Menteri Australia (bbc.com)

#4 Donald Trump


Kayaknya semua orang tau siapa Donald Trump. Dia adalah pengusaha sukses yang kini jadi Presiden Amerika Serikat. Meski menjadi pemimpin kontroversial, Donald Trump mendapatkan gaji tinggi dari negaranya.

Dia digaji tinggi dari negara sebesar 400.000 dollar AS per tahun. Sekitar Rp5,9 miliar. Tapi sesuai janjinya, dia tidak akan mengambil uang dari negara sepeser pun. Dia justru mendonasikan semua gajinya untuk negaranya.

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat (cnn.com)

#3 Ueli Maurer


Ueli Maurer adalah Presiden Konfederasi Swiss. Dia baru menjabat sebagai pemimpin Swiss selama tiga bulan. Tapi, dia dilaporkan akan menerima uang dari negara sebesar 428.958 dollar AS per tahun. Setara Rp7 miliar per tahun untuk gajinya doang.

Angka sebesar itu memang masuk akal. Soalnya, Swiss emang dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Gaji Presiden Swiss ini juga diketahui oleh publik karena Swiss tergabung dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Maka semuanya harus transparan.

Ueli Maurer, Presiden Konfederasi Swiss (coinwire.com)

#2 Carrie Lam


Carrie Lam adalah Pemimpin Eksekutif Hong Kong. Dia menjadi salah satu pemimpin dunia yang mendapat banyak protes dari warganya. Terutama terkait kebijakan ekstradisi hingga situasi Hong Kong selalu dipenuhi unjuk rasa.

Meski begitu, Pemimpin Eksekutif Hong Kong ini digaji tinggi oleh negaranya. Dia diprediksi mengantongi gaji sebesar 568.400 dollar AS per tahun. Setara Rp8,3 miliar!

Carrie Lam, Pemimpin Eksekutif Hong Kong yang kontroversial (cnn.com)

#1 Lee Hsien Loong


Nah, pemimpin dunia yang mendapat gaji tertinggi di dunia saat ini adalah Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Perdana menteri yang telah menjabat selama 14 tahun ini mendapat gaji yang jauh lebih tinggi dari sembilan pemimpin dunia dalam daftar ini.

Lee Hsien Loong digaji tinggi oleh negaranya sebesar 1.610.000 dollar AS per tahun. Itu berarti gajinya setara dengan Rp23 miliar gengs!

Lee Hsien Loong mendapat gaji 20 kali lipat dari pendapatan per kapita negaranya. Lagian Singapura emang dikenal kaya raya dan punya biaya hidup sangat mahal di Asia dan Asia Tenggara.

Jadi, gak usah heran lagi, itulah deretan pemimpin dunia yang dapet gaji tinggi dari negara.

Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Singapura (time.com)