Berapa Sih Pajak yang Harus Dibayar Saat Beli iPhone 12 dari Luar Negeri?

Beli iPhone 12 dari luar negri emang miring sih, tapi berapa ya pajak masuk ke Indonesia?

Buat kamu-kamu yang demen banget ama produk terbaru Aplle, yaitu iPhone 12 tentunya bakalan kepo banget berapa pajak yang wajib kita bayar ke Negara kalau beli dari luar negri.

Soalnya sih iPhone 12 belum ada kepastian kapan bakalan masuk ke Indonesia gengs. Kan jadi bikin penasaran dan resah ya kan....

Beli dari luarnegri


Kalau udah ngebet ya jalan satu-satunya cuma bisa ngimpor deh dari luar negri sono. Semisal di negara tetangga kita Singapura, Hong Kong, Malaysia, dan juga Australia.

Tapi sejak adanya adanya aturan IMEI sudah pasti kita tidak bisa sembarang membawa iPhone 12 ke Indonesia dong ya.

Dilansir dari Kumparan.com, Pembeli iPhone 12 dari luar negeri, baik itu hand carry atau bawaan penumpang pesawat maupun dikirim melalui ekspedisi, wajib membayar pajak untuk bisa mendaftarkan nomor IMEI-nya agar tidak terblokir. 

Ketentuan untuk hand carry, setiap penumpang diperbolehkan membeli ponsel maksimal dua unit dari luar negeri. Jika setiap unit ponsel yang dibawa nilainya lebih dari 500 dolar AS atau sekitar Rp 7,3 juta, maka wajib bayar pajak. Bagaimana dengan pengiriman ekspedisi luar negeri?

Batasan nilai bebas bea masuk saat ini adalah tiga dolar AS atau Rp 44 ribu. So, harga iPhone 12 yang paling murah adalah 699 dolar AS, sudah pasti akan kena pajak pembelian barang online dari luar negeri.

Bea Cukai menyediakan aplikasi mobile yang bisa mengitung besaran pajak yang harus dibayarkan oleh pembeli ponsel di luar negeri. Caranya kamu bisa download aplikasi Mobile BeaCukai di Google Play Store maupun Apple App Store. 

Di aplikasi tersebut ada pilihan menu "Hitung Pungutan". Lalu, kamu tinggal pilih jenis impor, "Barang Penumpang" untuk hand carry dan "Barang Kiriman Melalui PJT/POS" untuk pengiriman dari luar negeri. 

Selanjutnya pilih "Jenis Barang" dan pilihan Telepon Seluler/Tablet. Jangan lupa isi mata uang pembelian yang digunakan, lalu tulis harga dari barang tersebut.

Iphone 12 (Pikiranrakyat.com)

Bayar pajak iPhone 12 untuk hand carry


Untuk hand carry, setiap individu atau penumpang maksimal diperbolehkan membawa masuk dua unit iPhone saja. Sebelum ke Indonesia, kamu harus mendaftarkan IMEI iPhone terlebih dahulu di situs atau aplikasi Mobile BeaCukai. 

Jadi, jika kamu beli iPhone 12 128 GB di Singapura dengan harga 1.369 dolar Singapura atau sekitar Rp 14,8 juta, harga itu sudah melebih batas bebas bea masuk Bea Cukai yaitu 500 dolar AS. 

Maka, kamu harus membayar pajak dengan besaran Rp 2.194.000 untuk yang punya NPWP dan Rp 2.812.000 untuk yang tidak punya NPWP.

Iphone 12 (Detik.com)

Tapi perlu diketahui jika kamu membeli iPhone di Singapura akan mendapatkan pengembalian pajak (tax refund) saat melakukan pembelian barang yang disertai value add tax (VAT). Pengembalian pajak ini besarannya 7 persen dari barang yang dibeli.

Nah jadi gitu gengs, bisa kalian itung-itung sendiri ya kira-kira habis berapa. Jadi gimana nih milih beli di luar apa nunggu di Indonesia?

Pajak yang harus dibayar(Kumparan.com)