Mitos tentang Cinta yang Masih Dipercaya Banyak Orang Sampe Sekarang, Kamu Termasuk?

Mitos tentang cinta yang masih dipercaya banyak orang sampe sekarang. Kamu termasuk?

Mitos tentang cinta adalah salah satu hal yang dipercaya banyak orang. Padahal, kebenarannya pun masih belum bisa dibuktikan. 

Mitos tentang cinta pun sulit dilenyapkan. Itu memang pilihan, mau percaya atau tidak. Tapi dampaknya, banyak orang yang percaya dan terjebak dalam mitos tentang cinta itu sendiri.

Inilah beberapa mitos tentang cinta yang masih dipercaya banyak orang sampe sekarang. Apa kamu termasuk salah satunya?

#1 Bisa mengubah pasangan kita


Kalo kamu yakin kamu bisa mengubah pasangan, berarti kamu mungkin terjebak dalam mitos tentang cinta gengs. Soalnya hal ini nyaris tidak mungkin terjadi. Karena kepribadian seseorang sudah melekat pada orang itu sendiri.

Sekeras apa pun usaha kalian untuk mengubah pasangan rasanya akan sia-sia. Sebab, kepribadian, nilai, sikap, hingga pilihan perilaku sosial adalah keputusan pribadi. Hal itu gak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Yakin bisa mengubah pasangan kita? (freepik.com)

#2 Tinggal bersama adalah cara terbaik


Mitos tentang cinta selanjutnya adalah anggapan tentang tinggal bersama. Lebih tepatnya tinggal bersama sebelum menikah. Hal ini dipercaya sebagai cara terbaik untuk mengenal pasangan satu sama lain.

Ternyata hal ini juga cuma mitos gengs. Padahal, persiapan untuk menikah tuh gak bisa terjadi dalam hitungan hari. Prosesnya cukup panjang dan menguras tenaga dan pikiran.

Tinggal bersama pasangan satu atap bisa jadi malah mendorong orang tua agar kita segera menikah. Kalo begitu, berarti menikah malah bukan keputusan kalian sebagai pasangan dong?

Apakah tinggal bersama adalah cara terbaik sebelum menikah? (freepik.com)

#3 Cinta punya masa kadaluwarsa


Kata orang-orang, cinta punya masa kadaluwarsa. Bener tuh? Kemungkinan, anggapan ini juga cuma mitos. Kenapa?

Sebuah studi dari Stony Brook University menemukan bahwa perasaan pada pasangan akan semakin kuat setelah menjalin hubungan antara 10-29 tahun.

Tapi yang perlu kalian ingat nih, cinta abadi hanya mungkin terjadi jika pasangan itu saling perhatian satu sama lain. Pasangan itu juga saling menghormati pendapat masing-masing. Mereka juga bisa memecahkan masalah bersama.

Cinta punya masa kadaluwarsa ya? (freepik.com)

#4 Belahan jiwa sudah ditentukan


Orang-orang percaya bahwa belahan jiwanya sudah ditentukan. Bahkan, banyak orang juga percaya bahwa pasangan yang cocok akan dipertemukan pada pertemuan pertamanya. Padahal, hal ini bisa jadi hanya mitos.

Sebenarnya, seseorang gak akan bertemu pasangannya yang tepat tanpa segala macam penyesuaian. Dengan pertemuan pertama, seseorang akan menyadari bahwa dia adalah pasangan yang tepat karena masing-masing dari kalian berdua mau menyesuaikan diri.

Kalo pasangan kamu gak mau menyesuaikan diri, maka dia bukan pasangan yang tepat buat kamu. Ini adalah mitos tentang cinta yang perlu kamu pahami gengs. Soalnya, rasa cinta dan saling menghormati akan membuat nilai-nilai yang tidak saling cocok akan runtuh.

Mitos tentang cinta: belahan jiwa sudah ditentukan (freepik.com)

#5 Punya ketertarikan yang berlawanan


Mitos tentang cinta selanjutnya menyebutkan bahwa pasangan umumnya memiliki ketertarikan yang berlawanan. Kamu percaya hal ini gengs? Soalnya banyak juga loh orang yang percaya bahwa adanya perbedaan di awal hubungan adalah hal yang wajar.

Tapi ternyata hal ini adalah salah satu mitos tentang cinta. Soalnya, orang-orang yang memiliki hubungan jangka panjang memiliki banyak persamaan ketimbang perbedaan. Bahkan sejak awal hubungan.

Selain itu, pasangan dengan kepribadian serupa akan membuat mereka direstui orang tua dan teman-temannya.

Punya ketertarikan yang berlawanan? Ini cuma mitos loh~ (freepik.com)

#6 Cinta pada pandangan pertama


Percaya gak percaya ... cinta pada pandangan pertama ternyata adalah salah satu mitos tentang cinta yang dipercaya banyak orang. Kenapa?

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang perempuan melihat laki-laki pada pertemuan pertama, perempuan itu hanya membutuhkan enam tatapan untuk memutuskan apakah dia cocok untuknya atau tidak.

Tapi, mencintai seseorang hanya dalam satu kali pertemuan bukanlah hal yang baik. Soalnya, kamu bisa terjebak dengan kesan pertama yang dibuatnya. Jadi gak tau lebih dalam apa yang belum tampak sebelumnya.

Itu dia deretan mitos tentang cinta yang dipercaya banyak orang. Pikirkan baik-baik gengs sebelum kamu malah terjebak dengan mitos-mitos itu.

Cinta pada pandangan pertama tuh mitos gitu? (freepik.com)