Jarang Ada yang Tahu, Mengapa Mesin Bus Tak Dimatikan Saat Mengisi Bahan Bakar?

Suka bertanya-tanya gak kenapa mesin bus gak mati saat mengisi bahan bakar?

Kalau kalian cermat saat menaiki sebuah Bus, pastinya kalian pernah kan mengalami bus kita mengisi bahan bakar dalam keadaan mesin tetap menyala?

Kenapa kok bisa begitu?

Apakah pengemudinya sampe lupa untuk mematikan mesinnya atau ada teknis nya sehingga mesin tetap dibiarkan menyala? Cari tahu yuk....

Dilansir dari Kumparan.com, Menurut senior Executive Officer After Sales PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Irwan Supriyono menjelaskan, salah satunya supaya menjaga kerja AC dan kompresornya tetap hidup sehingga kabin tidak pengap dan panas. 

Demi Kenyamanan Penumpang


"Biasanya sopir tidak mematikan mesin lebih pada untuk kenyamanan penumpangnya. Kalau dimatikan butuh waktu lama buat AC menstabilkan temperaturnya," jelas Irwan, saat dihubungi kumparan, Selasa (29/9).

Selain itu, Irwan menjelaskan perilaku tersebut juga upaya menjaga performa dan mesin berumur panjang. Ini karena umumnya mesin Diesel turbo beda dengan bensin mobil yang langsung boleh dihidup atau matikan.  

Sebab mematikan atau menghidupkan mesin bus, sederhananya butuh prosedur khusus agar komponen turbonya terjaga.

Bus di SPBU (Tribunnews.com)

Prosedurnya lama kalau dimatikan dulu


Jadi setiap sebelum dimatikan, mesin harus dalam kondisi idling sebagai pendinginan. Pun ketika sudah dihidupkan, perlu waktu beberapa menit sebelum bus jalan lagi, karena mesinnya butuh panas tinggi supaya bisa bekerja maksimal. 

"Kalau habis narik dengan putaran mesin tinggi dan langsung masuk SPBU memang enggak boleh langsung dimatikan, bisa saja turbonya kena, karena aliran oli yang turbo langsung stop, padahal turbo masih berputar dengan putaran tinggi," katanya.

Maka dari itu kebanyakan pengemudi menghindari hal ini karena bisa memakan waktu yang lama di SPBU. 

Bus di SPBU (Tempo.co)

Supaya performa pengereman bus terjaga

Alasan yang lain ya agar menjaga performa pengereman. Sebab kerjanya berupa sistem rem angin, yang membutuhkan kompresor pada mesin. Sementara rem angin ini membutuhkan udara bertekanan tinggi yang disuplai secara teratur oleh kompresor, yang digerakkan oleh mesin.

Nah jadi itu mengapa kok Bus gak dimatikan saat mengisi bahan bakar gengs. Gimana nih menurut kalian?

Bus (Kompas.com)