Indonesia Punya Utang Hingga Rp5.000 Triliun Tapi Gak Masuk Lima Besar yang Tertinggi di Dunia, Kenapa?

Indonesia punya utang hingga Rp5.000 triliun tapi gak masuk lima besar yang tertinggi di dunia. Kenapa?

Kita semua tau bahwa Indonesia punya utang negara yang sangat besar jumlahnya. Tapi sebenarnya bukan cuma Indonesia aja kok yang punya utang besar. 

Beberapa negara di dunia bahkan punya utang yang jauh luar biasa lebih besar dari Indonesia. Bahkan beberapa negara tersebut dilaporkan terancam bangkrut karena karena krisis yang dialaminya.

Beberapa negara yang dimaksud seperti Turki, Venezuela, hingga Malaysia. Utang Negeri Jiran pada tahun 2018 lalu dilaporkan mencapai 1.087 triliun ringgit, sekitar Rp3.500 triliun. 

Sementara Indonesia punya utang 356,9 miliar dollar AS, sekitar Rp5.000 trilun seperti dilaporkan Bank Indonesia pada akhir April 2018 lalu.

Meski begitu, Indonesia tidak seperti Malaysia yang terancam bangkrut. Indonesia bahkan tidak masuk dalam lima besar negara pemilik utang tertinggi di dunia.

Lima negara pemilik utang terbesar di dunia itu terdiri dari negara-negara maju dan negara-negara miskin. Simak daftar lima besar negara pemilik utang terbesar di dunia.

Utang Indonesia emang besar, tapi gak masuk lima besar pengutang terbesar di dunia (beritasatu.com)

#5 Lebanon

Lebanon ternyata memiliki utang hingga 160,57%. Jika dibandingkan PDB dan utangnya, situasi Lebanon jauh lebih mengerikan dari Indonesia. Jumlah utang negara itu bahkan terus meningkat.

Lebanon bahkan hampir tidak mampu membayar bunga utang yang sangat tinggi. Apalagi bunganya setinggi utang nasional negara kecil tersebut.

Lebanon dilaporkan memiliki utang lebih dari 70 miliar dollar AS.

#4 Venezuela

Negara pemilik utang terbanyak selanjutnya adalah Venezuela. Berdasarkan laporan dari Institute of International Finance, utang nasional Venezuela mencapai 156 miliar dollar AS pada 2018 lalu.

Hal ini membuat Venezuela bangkrut dan menjadi salah satu negara dengan utang tertinggi di dunia. Sebesar 172,08%.

Utang Lebanon termasuk yang terbesar di dunia (aljazeera.com)

#3 Sudan

Negara selanjutnya adalah Sudan. Negara di Benua Afrika ini dianggap sebagai salah satu negara dengan utang paling banyak di dunia.

Sudan bahkan dilaporkan tidak punya kemampuan untuk membayar seluruh utangnya. Utang nasional negara itu adalah 176,02%. Senilai 50 miliar dollar AS. Sebagian besar utangnya kepada IMF, Bank Dunia, dan pemerintah Barat.

#2 Yunani

Yunani berada di peringkat kedua sebagai negara dengan utang paling besar di dunia. Berdasarkan utang nasionalnya jika memperhitungkan rasio utang terhadap PDB, utang Yunani mencapai 181,78%.

Tahun 2008 lalu, negara di Eropa ini menghadapi krisis keuangan yang masih berlanjut hingga kini. Menurut data The Public Debt Management Agency, utang Yunani berjumlah 353,8 miliar euro pada September 2019 lalu.

Angka itu setara dengan 390 miliar dollar AS.

Venezuela bahkan sempat bangkrut karena utang besarnya (cfr.org)

#1 Jepang

Jepang menjadi negara di peringkat pertama pemilik utang terbesar di dunia. Rasio utang nasional negara maju ini terhadap PDB tertingginya mencapai 234,18%.

Utang nasional Jepang bahkan lebih dari dua kali jumlah produk domestik bruto tahunannya. Utang Jepang diperkirakan lebih dari 9 triliun dollar AS. Kalo dirupiahkan, nilainya gak masuk akal gengs ... Rp133.569 triliun!

Jepang menjadi negara dengan jumlah utang terbanyak di dunia dalam utang nasional per orangnya!

Itulah alasan kenapa Indonesia tidak masuk dalam lima besar negara dengan utang terbanyak di dunia. Utang Indonesia dibanding Jepang cuma sekian persennya doang gengs.

Ternyata peringkat pertamanya adalah Jepang (indiatimes.com)