5 Manfaat Serai yang Luar Biasa, Kulit Cantik Badan Pun Langsing

Rajin konsumsi Serai bikin beauty goals kamu tercapai loh gengs.

Tanaman serai (Cymbopogon Citratus) gampamg banget kita temukan. Ada di pasar sampek supermarket deh gengs. Selama ini serai dikenal luas buat dijadikan bumbu masak dan minuman. Tapi kamu tahu gak sih apa manfaatnya??

Ahli diet bersertifikat, Garima Goyal menjelaskan kalau ada banyak manfaat kesehatan dari serai dan telah digunakan di India selama bertahun-tahun. Untuk tujuan pengobatan dan juga merupakan favorit Ayurveda.

Berikut adalah lima manfaat kesehatan utama yang dimiliki serai.

1. Kesehatan Pencernaan

"Sereh telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok sejak zaman kuno untuk mengobati ketidaknyamanan terkait perut seperti sembelit, kembung atau gangguan pencernaan," kata Garima. 

Tanaman ini memiliki elemen pendingin yang membantu menenangkan perut yang teriritasi sekaligus menjaga fungsi pencernaan. 

"Komponen utama dalam serai disebut citral yang membantu proses pencernaan," tambahnya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak yang diekstrak dari serai membantu mengendurkan otot. Itulah mengapa masuk akal untuk menggunakannya untuk gejala PMS umum seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot dan kram.

Manfaat serai (thekohsamuiguide.com)

2. Anemia

Beberapa penelitian telah menunjukkan efek positif teh sereh dalam meningkatkan proses eritropoiesis (produksi sel darah merah dalam tubuh).

"Efek serai ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan nutrisi seperti asam folat, tembaga, tiamin, besi, seng, dll. Karena juga memiliki sifat antioksidan dan farmakologis," katanya. 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Medical News, penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum infus teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel padat, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

3. Penurunan Berat Badan

Serai merangsang laju metabolisme tubuh, membantu menurunkan berat badan. Juga bertindak sebagai diuretik alami yang merangsang penurunan berat badan.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Ahli gizi menjelaskan bahwa makanan super kaya kalium meningkatkan produksi urin dalam tubuh, sehingga merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tubuh.

Serai mencegah anemia (simasinsurtech.com)

5. Rambut Berkilau Dan Kulit Bercahaya

Sereh bersifat antibakteri dan antijamur serta bekerja paling baik sebagai bahan pembersih, terutama sebagai toner.

"Sereh merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik, yang merupakan rahasia memiliki rambut dan kulit yang indah," kata Garima.

Memperkuat folikel rambut, mengurangi iritasi dan gatal pada kulit kepala karena sifat antijamurnya. Cara kerja tanaman adalah meningkatkan sirkulasi darah seperti yang disebutkan di atas.

Banyak kan gengs manfaat serai?

Manfaat serai untuk kecantikan (thesmartlocal.com)