Inilah 7 Pemimpin Muslim Terkaya yang Kontroversial di Era Modern, Salah Satunya dari Indonesia

Inilah 7 pemimpin Muslim terkaya yang kontroversial di era modern. Salah satunya dari Indonesia.

Pemimpin Muslim memang tak bisa diremehkan. Gak ada yang nyangka kalo beberapa pemimpin Muslim ini menjadi bagian dari pemimpin dunia yang memiliki kekayaan melimpah.

Kekayaannya tentu bersaing dengan para pemimpin dunia lainnya di sepanjang era modern. Inilah 7 pemimpin Muslim terkaya di era modern. Salah satunya bahkan dari Indonesia.

#1 Muammar Qadafi


Pemimpin Muslim terkaya di dunia adalah diktator yang memimpin Libya, Muammar Qadafi. Dia adalah pemimpin negara yang berkuasa sejak 1977 hingga 2011 lalu.

Kekayaan Qadafi mencapai 200 miliar dollar AS, setara dengan Rp29,5 kuadriliun! Kekayaan sebanyak itu pernah digunakan dirinya untuk membantu menstabilkan perekonomian Libya yang sempat dilanda perang.

Qadafi menyimpan 200 miliar dollar AS di rekening bank dan berbagai investasi. Uang sebanyak itu didapat dari sektor perminyakan negaranya yang sangat banyak. 

Meski telah wafat, sosok Qadafi tetap menjadi yang kontroversial hingga sekarang.

Muammar Qadafi, mantan pemimpin Libya (biography.com)

#2 Hosni Mubarak


Negara tetangga Libya juga punya pemimpin Muslim terkaya di dunia. Dia adalah mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak. Kekayaan Mubarak mencapai 70 miliar dollar AS, setara dengan Rp1.032 triliun!

Hosni Mubarakn adalah presiden keempat Mesir yang berkuasa selama 30 tahun. Sejak 1981 hingga 2011 lalu. Sayangnya belum jelas dari mana sumber pendapatan Mubarak hingga setajir itu.

Beberapa media internasional terang-terangan menuduh politisi Mesir ini telah mencuri uang dari rakyat Mesir.

Mantan Presiden Mesir, Hosni Mubarak (aljazeera.com)

#3 Ali Abdullah Saleh


Masih dari Jazirah Arab, pemimpin Muslim terkaya di era modern selanjutnya adalah Presiden pertama Yaman, Ali Abdullah Saleh. Saleh memimpin Yaman sejak 1990 hingga 2012 lalu.

Total kekayaan Ali Abdullah Saleh diperkirakan mencapai 64 miliar dollar AS, sekitar Rp944 triliun. Sepeti Hosni Mubarak, Saleh juga dituduh mencuri uang dari rakyat Yaman.

Tahun 2015 lalu, Perserikatan Bangsa-Banga (PBB) melaporkan bahwa kekayaan bersih Saleh mencapai 64 miliar dollar AS.

Ali Abdullah Saleh, mantan Presiden Yaman (aljazeera.com)

#4 Soeharto


Gak nyangka ada pemimpin Indonesia yang masuk dalam jajaran ini. Dia adalah Presiden RI yang kedua, Soeharto. Pemimpin Muslim ini menjabat selama 31 tahun sejak 1967, Soeharto memiliki kekayaan hingga 55 miliar dollar AS, setara dengan Rp811 triliun!

Soeharto mengundurkan diri dari kursi presiden pada 1998. Selanjutnya diiringi dengan krisis moneter. Transparency International memasukkan nama Soeharto sebagai pemimpin dunia yang paling korup pada tahun 2004.

Meski begitu, Soeharto sendiri memang pernah diakui sebagai salah satu orang terhebat dari Asia Tenggara.

Mantan Presiden RI Soeharto, pemimpin Muslim terkaya (harapanrakyat.com)

#5 Zine El-Abidine Ben Ali


Zine merupakan salah satu pemimpin Muslim terkaya di era modern. Dia menjabat sebagai Presiden Tunisia selama 24 tahun. Terhitung sejak 1987 hingga 2011.

Pemimpin Muslim ini memiliki kekayaan mencapai 10 miliar dollar AS, setara dengan Rp140 triliun. Meski begitu, sosoknya sangat dibenci oleh rakyat Tunisia.

Zine diperkirakan telah menguasai antara 30-40 persen ekonomi negaranya selama dia berkuasa. Hingga akhirnya dia digulingkan oleh rakyatnya.

Zine El-Abidine Ben Ali, mantan Presiden Tunisia (aljazeera.com)

#6 Saddam Hussein


Saddam Hussein adalah pemimpin Muslim yang merupakan Presiden Irak kelima. Dia menjabat selama 24 tahun, sejak 1979 hingga 2003 lalu.

Forbes mencatat bahwa kekayaan Saddam Hussein mencapai 2,8 miliar dollar AS, sekitar Rp41 triliun.

Selama menjabat, Saddam Hussein memiliki saet yang banyak sekali. Mulai 89 istana, koleksi mobil mewah, hingga saham besar di perusahaan media. Salah satunya Lagardere SCA Prancis.

Saddam Hussein, mantan Presiden Irak(denverpost.com)

#7 Akbar Hashemi Rafsanjani


Akbar Hashemi Rafsanjani adalah presiden keempat Iran. Ia menjabat selama 8 tahun, sejak 1989 hingga 1997. Akbar sendiri memang terlahir dari keluarga kaya raya di Iran.

Akbar memiliki sejumlah bisnis yang membuatny menjadi orang yang tajir melintir. Lagi dan lagi. Total kekayaannya mencapai 1,4 miliar dollar AS, atau sekitar Rp20,6 triliun. Akbar Hashemi Rafsanjani meninggal dunia pada 8 Januari 2017 lalu.

Itulah 7 pemimpin Muslim terkaya yang kontroversial di era modern.

Akbar Hashemi Rafsanjani, mantan Presiden Iran (bbc.com)