Macam-macam Goyang Dangdut di Indonesia, dari Ngebor Sampe Pinguin Ada Semua!

Macam-macam goyang dangdut di Indonesia. Dari Ngebor sampe Pinguin ada semua!

Apa aja sih macam-macam goyang dangdut di Indonesia? Ada banyak banget gengs! Biasanya goyang dangdut itu dipopulerkan oleh sang penyanyi atau biduan dangdut yang lagi meroket namanya.

Dangdut sendiri adalah musik yang sangat akrab di telinga orang Indonesia. Banyak orang bakal goyang bersama setiap kali mendengar lantunan musik dangdut. Tapi karena ada banyak penyanyi dari aliran musik dangdut yang berbeda-beda, maka ada juga macam-macam goyang dangdut.

Inilah macam-macam goyang dangdut di Indonesia. Dari Ngebor sampe Pinguin ada semua!

#1 Goyang ngebor


Goyang ngebor adalah satu dari macam-macam goyang dangdut di Indonesia. Goyangan ini pertama kali dipopulerkan oleh pedangdut Inul Daratista. 

Goyang ngebor ini populer banget di Indonesia. Pas pertama kali muncul, goyang dangdut ini langsung sensasional. Bahkan Inul sendiri sempat terseret masalah karena goyangan ini. Banyak yang menganggap goyangan ini terlalu vulgar.

Belajar dari kasus itu, Inul Daratista pun mengurangi sedikit porsi "vulgar" dalam goyang ngebor itu. Tapi sampe sekarang goyang ngebor masih eksis kok.

Goyang ngebor milik Inul Daratista (kompas.com)

#2 Goyang ngecor


Goyang ngecor jadi satu dari macam-macam goyang dangdut lainnya di Indonesia. Goyang ngecor pertama kali dipopulerkan oleh pedangdut Uut Permatasari.

Saat itu, sang penyanyi dangdut sedang mencoba memberikan sebuah variasi dari goyangannya. Dan akhirnya dia beri nama goyang ngecor. Goyang dangdutnya itu juga mampu menaikkan pamor sang biduan dangdut.

Goyang ngecor sendiri bisa dibilang mirip dengan goyang ngebor. Yang jadi pembeda adalah gerakan kakinya lebih atraktif dibanding goyang ngebor.

Goyang ngecor dipopulerkan oleh Uut Permatasari (Instagram @uutpermatasari)

#3 Goyang patah-patah


Goyang patah-patah juga jadi satu dari macam-macam goyang dangdut di Indonesia. Goyang patah-patah pertama kali dipopulerkan oleh pedangdut Annisa Bahar.

Goyangan ini tergolong baru pada masanya. Goyangan khas ini bahkan sempat ditiru oleh beberapa penyanyi dangdut lainnya. Goyangan ini juga udah melekat di kepala para pecinta dangdut, dan disebut sebagai goyangan miliki Annisa Bahar.

Goyang patah-patah pun diteruskan oleh anaknya, penyanyi dangdut Juwita Bahar. Goyangan ini sempat kembali dipopulerkan oleh Juwita menggunakan lagu yang dibawakannya.

Goyang patah-patah dipopulerkan oleh Annisa Bahar (kompas.com)

#4 Goyang gergaji


Goyang gergaji juga jadi satu dari bermacam-macam goyang dangdut di Tanah Air. Goyang gergaji dipopulerkan oleh pedangdut Dewi Perssik.

Saat pertama kali muncul, goyang gergaji langsung fenomenal di industri musik dangdut. Dewi Perssik juga beberapa kali menampilkan goyangan andalannya.

Goyang gergaji juga sempat dilarang beredar di Indonesia. Beberapa daerah sempat memberikan 'black list' untuk goyangan ini. Termasuk juga Dewi Perssik. Meski begitu, kayaknya black list itu gak ngaruh juga buat kariernya Dewe Perssik sih.

Goyang gergaji dipopulerkan oleh Dewi Perssik (Instagram @dewiperssikreal)

#5 Goyang bebek


Goyang bebek adalah satu dari macam-macam goyang dangdut di Tanah Air. Goyangan ini dipopulerkan oleh duo pedangdut De Mocca. Goyang bebek pun langsung terkenal setelahnya.

Goyang bebek didominasi oleh gerakan pinggul yang seksi. Duo De Mocca juga tampil layaknya seekor bebek yang sedang berjalan ketika memperagakannya.

Goyangan ini tampaknya kurang populer di industri musik dangdut. Tapi De Mocca bisa membuktikan kemampuan jogetnya dengan beberapa kali tampil di acara besar.

Goyang bebek dipopulerkan duo De Mocca (kapanlagi.com)

#6 Goyang itik


Ada bebek ya ada itik juga dong. Makanya ada juga nih goyang itik yang kembali menjadi sensasi di antara penikmat musik dangdut Tanah Air. Goyang itik masuk dalam macam-macam goyang dangdut di Indonesia yang dipopulerkan pedangdut Zaskia Gotix.

Gara-gara goyang itik ini, Zaskia pun bisa mendapat penghargaan AMI Award untuk kategori Artis Solo Wanita Dangdut Kontemporer.

Goyangan ini juga sempat dipermasalahkan beberapa pihak karena kepemilikan aslinya. Tapi, Zaskia Gotix sendiri tetap dikenal dengan goyang itiknya hingga saat ini.

Goyang itik dipopulerkan oleh Zaskia Gotix (Instagram @zaskia_gotix)

#7 Goyang pinguin


Goyang pinguin adalah satu dari macam-macam goyang dangdut di Indonesia. Goyang pinguin yang unik ini dipopulerkan oleh duo pedangdut Walang Sangit.

Goyang pinguin ini adalah andalan dari pelantun lagu "Goyanganku". Duo Walang Sangit juga mulai dikenal publik lewat ajang pencarian bakat Mamamia.

Goyangan ini bahkan masih terkenal sampe sekarang. Goyangan yang mengambil tema binatang ini juga disebut-sebut sebagai suksesor macam-macam goyang dangdut terdahulu.

Itulah macam-macam goyang dangdut di Indonesia. Ada semua deh! Dari goyang ngebor, ngecor, itik, sampe pinguin. Goyang dangdut apalagi nih yang belom?

Goyang pinguin dipopulerkan oleh duo Walang Sangit (kapanlagi.com)