Rumah Idaman Milenial di Gang Sempit Jakarta Menang Penghargaan Dunia, Berapa Sih Biaya Pembangunannya?

Rumah idaman milenial di gang sempit Jakarta menang penghargaan dunia. Berapa sih biaya pembangunannya?

Sebuah rumah kecil di tengah pemukiman padat di Jakarta memenangkan sebuah penghargaan dunia. Rumah yang diberi nama "The Twins" itu berhasil mendapatkan penghargaan dari ajang Architizer Award.

Rumah itu didesain oleh perusahaan arsitektur Indonesia, Delution. Rumah kecil itu berlokasi di sebuah gang sempit di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan. The Twins sendiri memenangkan kategori "Small Architecture+ Small Living by People Choice".

Rumah kecil itu sempat bersaing dengan 5 ribu karya arsitektur dari sekitar 100 negara di dunia. Akhirnya, rumah kecil The Twins memenangkan kategori tersebut dan menjadi perhatian dunia.

Dalam keterangan di website resmi Delution, rumah The Twins ini dibangun di area seluas 70 meter persegi. Rumah idaman milenial Tanah Air ini dibangun dalam tiga tahap pada 2018 hingga 2019 di tengah pemukiman padat penduduk.

Akses menuju rumah ini adalah sebuah gang sempit selebar 1,5 meter aja. Mobil gak bisa masuk, jadi cuma bisa diakses dengan jalan kaki atau sepeda motor aja.

Tapi, berapa sih biaya pembangunan rumah kecil yang berhasil memenangkan penghargaan dunia ini?

The Twins, rumah idaman milenial menang penghargaan dunia nih (archdaily.com)

Biaya pembangunan rumah ini relatif murah sih gengs. Fase pertama pembangunan rumah ini menghabiskan anggaran sebesar Rp150 jutaan pada 2018 lalu. Kemudian tahap kedua adalah pembangunan atap yang menghabiskan anggaran hingga Rp200 juta.

Tahap ketiga pembangunan rumah The Twins itu menghabisan anggaran hingga Rp100 juta.

"Kami menyadari bahwa kami perlu mengeluarkan sedikit uang ekstra untuk membangun rumah, untuk menyiasati kami mencoba merancang rumah tumbuh yang dapat dibangun dalam beberapa fase," kata CEO Delution, Muhammad Egha.

Tapi berapa sih biaya pembangunannya? (Instagram @delution_architects)

Rumah kecil ini terletak di pemukiman padat penduduk di Jakarta (archdaily.com)

Sebagai rumah kecil yang unik, The Twins memiliki dua bangunan dengan ukuran yang berbeda. Salah satu bangunan rumah idaman milenial ini memiliki dua kamar tidur dengan kamar mandi, dapur, dan ruang makan untuk empat orang. Sementara satu rumah lagi memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dan ruang keluarga.

Dua bangunan rumah idaman milenial dibangun dalam sepetak lahan. Ada sebuah pintu kaca yang menghubungkan kedua bangunan rumah kecil itu. Pintu kaca itu juga bisa dibuka untuk membuat ruangan jadi lebih luas.

Pembangunannya berlangsung dalam tiga tahap (archdaily.com)

Total biayanya mencapai Rp450 jutaan gengs (archdaily.com)

Rumah kecil di gang sempit Jakarta ini didesain oleh tiga orang dari Delution, Muhammad Egha, Hezby Ryandi, dan Fahmi Desrizal.

Tertarik bikin rumah idaman milenial gini gak gengs? Bisa dibangun bertahap dengan modal sekitar Rp450 jutaan gengs.

Idaman banget emang rumah kecil begini~ (archdaily.com)