Sering Bikin Frustasi Nih, Kenapa Ya Kita Susah Banget Menangkap atau Memukul Seekor Lalat?

Sering bikin frustasi, kenapa ya kita susah banget menangkap atau memukul seekor lalat?

Lalat adalah salah satu jenis serangga yang menyebalkan. Mereka suka hinggap di makanan. Bisa juga hinggap di wajah kita atau tiba-tiba ada di hadapan kita.

Mereka akan terbang mengitari sesuatu yang menarik perhatiannya. Dan nyebelinnya, kebanyakan dari kita selalu gagal menangkap lalat. Sumpah, kehadiran mereka tuh ganggu banget. Tapi gak bisa diusir begitu aja.

Memukul lalat juga hal yang susah banget dilakukan. Kecuali pake alat canggih macem perangkap lalat atau raket nyamuk.

Usaha menangkap atau memukul lalat biasanya berbuah frustasi. Entah lalat buah, lalat hijau, atau lalat sejenis yang tiba-tiba datang ke rumah kita. Kenapa ya kita susah banget menangkap atau memukul seekor lalat?

Pertanyaan itu berhasil membawa Michael Dickinson meneliti hal ini. Dia adalah seorang peneliti dari California Institute of Technology, atau Caltech. Serius banget kayaknya ya.

Kenapa sih susah banget menangkap atau memukul lalat? (theconversation.com)

Michael Dickinson membuat percobaan pada lalat buah (Drosophila melanogaster) yang selalu terbang dengan kecepatan tinggi. Dalam percobaan tersebut, Michael menghadapkan lalat buah tadi dengan sebuah pemukul.

Dari penelitian itu, ditemukanlah sebuah rahasia yaitu manuver lalat yang hebat untuk mengelak.

Menurut Michael, jauh sebelum lalat melompat ke sebuah benda, otak kecilnya telah menghitung lokasi ancaman yang akan datang. Lalat biasanya telah membuat rencana pelarian duluan.

Kondisi itu juga membuat kakinya berada dalam posisi optimal untuk melompat ke arah yang berlawanan.

Hal ini pernah diteliti soerang ilmuwan dari Caltech loh (homemaking.com)

Semua keputusan yang dibuat si lalat terjadi dalam waktu sekitar 100 milidetik. Persis sebelum seekor lalat melihat pemukul untuk pertama kalinya.

Hal ini menggambarkan betapa cepatnya otak lalat untuk memproses informasi sensorik menjadi respons motorik yang sesuai. Itu juga berarti lalat telah melakukan analisis lokasi dengan banyak kemungkinan demi mempertahankan hidupnya. Gokil gengs!

Selain itu, lalat juga memiliki penglihatan super. Dia bisa melihat hal di sekelilingnya hingga 360 derajat. Ini juga yang bikin lalat bisa melihat ke belakang atau arah lainnya.

Ini karena lalat punya kemampuan super gengs (tastingtable.com)

Jadi kalo ada serangan mendekat, lalat tinggal menyesuaikan rencananya untuk menghindari ancaman. 

Seekor lalat buah bisa mengubah arah terbangnya dalam 1/100 detik. Lalat buah juga bisa berakselerasi dengan pukulan hingga 200 kali per detik.

Jadi itulah alasan kenapa lalat susah banget ditangkap atau dipukul. Kecuali di film Kung Fu, lalat bisa ditangkap cuma dengan sumpit.

Kecuali kamu punya keahlian menangkap lalat dengan sumpit kayak gini~ (pinterest.com)