Ritual Mistis di Indonesia yang Gak Masuk Akal dan Ngeri Banget

Ada beberapa ritual mistis di Indonesia yang bikin kepo, apa saja?

Kalau tinggal di Indonesia dan jadi anak +62 tulen tentunya udah gak asing dong dengan budaya dan adat.

Tentu ada aja sejenis ritual mistis di indonesia yang ada di daerah masing-masing. Dan kali ini kita bakalan ngebahas soal itu gengs... Berikut contohnya....

Beberapa ritual mistis di Indonesia

Ikipalin di Papua


Ada sebuah ritual yang aneh banget di Indonesia bagian paling Timur, tepatnya di Papua sana, namanya Ritual Ikipalin.

Saat ini, suku Dani di Papua masih menjalankan ritual serem ini loh, mereka melakukan ritual potong Jari. Waduh! Ikpalin di Papua ini dilakukan sebagai tanda berkabung ketika ada sanak saudara yang meninggal. Ritual ini dipercaya bisa menghapus segala kesialan setelah anggota keluarga meninggal.

Ikipalin di Papua (Boombastis.com)

Mas kawin kepala manusia di Maluku


Biasanya tuh ya kalau kita kawin, maskawinnya itu emas, seperangkat alat ibadah, dan juga mobil atau rumah mewah. Tapi beda di Maluku gengs.

Ritual menyeramkan ini dilakukan oleh suku Naulu yang hidup di Dusin Nuanea dan Dusun Sepa. Mas kawin kepala manusia ini menjadi bukti kejantanan dan keberanian pria yang ingin menikah. Tapi mas kawin yang aneh ini hanya berlaku ketika seseorang mau menikah dengan anak raja saja kok. Tradisi ini sudah ditinggalkan sejak tahun 1990 tapi pernah terjadi lagi di tahun 2005.

Mas kawin kepala manusia(Kumparan.com)

Ngayau di Kalimantan


Untuk ritual mistis di Indonesia selanjutnya ada namanya Ngayau asal Kalimantan. Kalian pasti ngeri deh bayanginnya....

Dilansir dari Shopback.co.id, Ngayau adalah sebuah ritual pemenggalan kepala pihak musuh yang dianggap juga sebagai upacara meningkatkan status seseorang. Ngeri banget tradisi yang satu ini ya gengs?

Ngayau di Kalimantan (Kumparan.com)

Debus di Banten


Upacara atau ritual ini ternyata sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda kalau dulu debus dilakukan untuk menjaga keberanian warga. Jadi debus ini memang pada intinya untuk memamerkan kekuatan mulai dari makan beling, berjalan di atas bara, sampai hal menyeramkan lainnya.

Debus di Banten (Indozone.id)

Ma’nene di Toraja


Selanjutnya, ritual mistis di Indonesia berteatan pada ritual Ma'nene asal Toraja sana gengs. Rada ga masuk akal sih, tapi itu tradisi sana.

Ma’nene adalah sebuah ritual yang dilakukan di Tana Toraja saat seseorang meninggal. Dimana letak mistis dan seramnya? Tradisi pemakaman di Toraja memang enggak biasa, mayat akan disemayamkan atau dikubur di tebung tinggi. 

Nah bagian seramnya mayat yang sudah bertahun-tahun bisa lho tiba-tiba bangkit dan pulang ke rumahnya. Setelah pulang ke rumah si mayat ini akan tidur lagi. Mayat berjalan ini sudah lama jadi cerita di Toraja tapi saat ini ritual Ma’nene ini sudah sangat jarang dilakukan.

Ma’nene di Toraja (goodnewsfromindonesia.id)

Meditasi kejawen


Meditasi alias Semedi kalau kita tarik secara bahasa mengandung dua kata gengs... Yaitu, Sam dan Adi. Sam artinya besar, sedangkan Adi artinya bagus atau indah. Mereka yang bersemedi memiliki tujuan untuk meraih budi yang besar, indah dan suci.

Salah satu cara mendekatkan diri kepada Tuhan adalah lewat Semedi. Kalau dalam konteks agama Islam, aktivitas berdiam diri dan mengingat keberadaan Tuhan ini disebut dengan istilah Tafakur.

Budi yang suci adalah budi yang diam tanpa nafsu. Tanpa pamrih dan tanpa keinginan apapun. Kondisi suwung (kosong) inilah yang mengandung getaran hidup murni ibarat cahaya atau sinar yang disebut Nur.

Singkatnya, Nur adalah hati dari Budi. Sedangkan di dalam Nur ini, seorang hamba bisa menyentuh isyarat Tuhannya untuk menerima tuntunan dalam menjalani hidup.

Manfaat dan kegunaan meditasi

Semedi atau meditasi kejawen sering diartikan secara salah, dianggap sama dengan melamun sehingga meditasi dianggap hanya membuang waktu dan tidak ada gunanya. Tapi jangan salah, Meditasi justru merupakan suatu tindakan sadar karena orang yang melakukan meditasi tahu dan paham akan apa yang sedang dia lakukan.

Manfaat meditasi yang kita lakukan bisa secara langsung maupun tidak langsung kita rasakan secara fisik. Salah satu manfaat tersebut adalah kesembuhan yang kita peroleh, jika kita menderita sakit tertentu. Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah anti-stres yang paling baik. Saat kamu mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi cepat dan pendek, dan kelenjar adrenalain memompa hormon-hormon stres.

Nah jadi itulah penjelasan terkait ritual mistis di Indonesia, emang sulit dijelaskan dengan akal sehat, tapi itu dah jadi bagian tradisi, gimana menurut kalian?

Meditasi (warkopcarita.com)