Ini Alasan Dewa-Dewi Yunani dan Romawi Mirip

Seperti yang kita ketahui, ada kemiripan antara Dewa di Yunani dan Romawi, begini ternyata alasannya....

Sering lihat buku-buku, dan juga game, atau film yang menyajikan tentang budaya dewa dan dewi di Romawi dan juga Yunani?

Kalau diperhatiakn tuh ya, kalian ngerasa gak sih kalau dewa-dewa mereka itu mirip? Dan menunjukan kesamaan yang mencolok banget, walau namanya beda? 

Kalau orang Yunani memiliki Dewa Zeus dan dalam kepercayaan Romawi dewa yang mirip dengannya adalah Jupiter. Semacam itulah, ternyata ada alasannya loh....

Dewa Yunani menjadi Bagian dari Budaya Romawi


Dilansir dari Indozone.id, Ketika Romawi menginvasi Yunani mulai tahun 146 SM, dewa-dewa mereka tidak semaju dan secanggih Yunani. 

Bangsa Romawi tahu bahwa menghubungkan perbedaan akan menambah pengaruh mereka atas bangsa yang ditaklukkan.

Alasan lainnya adalah sastra Yunani lebih unggul dari Romawi sehingga, orang Romawi banyak mengadopsi sastra Yunani, yang sebagian besar tentang dewa-dewa mereka. 

Dewa Yunani dan Romawi (Wikipedia.com)

Romawi dan Yunani Juga Meminjam Dewa dari Budaya Kuno Lainnya


Walaupun beberapa dewa Romawi seperti Quirinus, Dis Pater, Liber, dan Janus masih dipertahankan dalam sistem kepercayaan, sebagian besar dewa mereka dipinjam dari budaya lain. 

Mereka tidak hanya memasukkan dewa dari Yunani ke dalam budaya mereka, tetapi juga dari kerajaan tetangga.

Dewa Yunani dan Romawi (Wikipedia.com)

Sementara beberapa dewa yang mereka pinjam adalah Magma Mater (setara dengan dewa Mesir Isis) dan Apollo (dewa musik Yunani yang kebetulan juga memiliki kualitas serupa dengan dewa di Timur Tengah termasuk dewa Het Apaliunas dan Aplu Etruria).

Nah jadi itulah alasannya mengapa para Dewa budaya Romawi dan Yunani mirip gengs. Gimana nich menurut kalian?

Dewa Yunani dan Romawi (Wikipedia.com)