Kunci Hidup Tenang dan Bahagia: Beranikan Diri untuk Berkata "Tidak" kepada Orang Lain dalam Situasi Tertentu

Kunci hidup tenang dan bahagia: beranikan diri untuk berkata "tidak" kepada orang lain dalam situasi tertentu.

Manusia adalah makhluk sosial. Karena itu, kita atau siapa pun pasti butuh bantuan orang lain untuk segala macam aktivitas sehari-hari.

Kamu akan minta bantuan orang lain. Setelahnya akan selalu ada timbal balik, bahkan dari orang yang gak kamu kenal. 

Masalahnya, ada aja orang-orang yang udah kamu bantu tapi malah jadi minta bantuan kamu terus. Terus giliran doi dimintain tolong sesuatu, ada aja alesannya buat mengelak. 

Buat menghadapi situasi kayak begini, kamu harus berani berkata "tidak!" Soalnya, berani berkata tidak adalah kunci hidup tenang dan bahagia.

Buang sifat gak enakan kamu ke orang-orang. Karena mereka bisa aja justru memanfaatkan kebaikan yang kamu berikan dengan tulus. Simak deh alasan-alasan kenapa berani berkata tidak adalah kunci hidup tenang dan bahagia.

#1 Bebas dari orang yang minta bantuan terus ke kamu

Orang yang minta bantuan terus menerus ke kamu, kecuali darurat, tentu bisa membebani kamu. Jangan pernah deh ngerjain PR kimia teman sekolah kamu sementara kamu dari jurusan ilmu sosial. 

Selain itu sulit, hidupmu bakal jauh dari kunci hidup tenang dan bahagia. Itu jelas bakal menyita kebahagiaan kamu. Makanya, berani katakan tidak ke orang itu. Kamu pasti lebih tenang dan bahagia.

Kalo kamu masih pelihara sifat gak enakan, kamu akan tersiksa dengan permintaan bantuan itu. Padahal, kamu kan punya kerjaan lain juga. Iya, kan?

Saling membantu tuh penting, tapi ... (phrasemix.com)

#2 Jadi tau kesalahan diri sendiri saat orang minta bantuan

Berani berkata tidak juga akan membantu kamu melihat kesalahan kamu sendiri saat orang minta bantuan. Bisa aja permintaan bantuan itu akan menghancurkanmu, kan bahaya tuh.

Pokoknya, jangan asal tolong orang aja. Jangan sampe salah mengambil keputusan, pikirin dulu baik-baik sebelum bertindak. Ya kali kamu mau nolongin teman yang bohong pada orang tuanya?

#3 Demi menjaga harga diri kamu

Berani berkata tidak akan menjaga harga diri kamu. Dengan berkata tidak, kamu gak akan pernah direndahkan orang lain. Apalagi kalo kamu adalah orang yang tulus, baik hati, dan tidak sombong.

Membantu orang lain yang minta bantuan jelas baik. Tapi kalo orang itu udah mulai merendahkan harga diri kamu, berkata tidak bakal membuat hidup lebih tenang dan bahagia. Sebab, kamu jelas berani menolak permintaan orang itu.

Ada aja orang yang jadi 'tuman' setelah dibantu sekali (lifehacks.io)

#4 Jujur dengan diri sendiri

Berani berkata tidak juga akan membuat kamu lebih jujur dengan diri sendiri. Coba tanyain diri sendiri, mampu gak sih kamu menolong orang yang minta bantuan itu. Kalo gak nyaman, katakan sejak awal "tidak". Tapi kalo nyaman sih ya sikat aja.

Pokoknya, jangan paksakan dirimu untuk langsung menolong orang yang meminta bantuan kalo nggak bisa. Niscaya hidup tenang dan bahagia bakal kamu miliki.

#5 Orang lain jadi lebih mandiri

Biasanya nih, orang gak akan berani minta bantuan ke orang lain kalo mereka sama-sama gak kenal. Makanya, minta bantuan biasanya diawali dengan orang-orang yang saling kenal. Gak mau deh orang itu dibilang gak mandiri.

Kayaknya nyaris gak ada sih orang yang pengin minjem uang ke orang yang gak kenal. Makanya, berani katakan tidak ke orang lain akan membuat mereka jadi lebih mandiri. Mereka gak akan bergantung sama kamu terus-terusan gengs.

Berani berkata tidak, biar orang itu gak tuman! (freepik.com)

#6 Lebih perhatian pada kemampuan diri

Sebagai makhluk sosial, pasti ada aja orang yang akan minta bantuan pada kita. Entah itu teman atau orang lain. Nah, langkah yang harus kamu ambil adalah lebih perhatian pada kemampuan kamu untuk membantu orang itu.

Jangan sekali-kali paksakan diri untuk membantu orang lebih dari kapasitas dan kemampuan diri. Dampaknya bisa buruk buat diri sendiri. Apalagi kalo itu lebih dari apa yang kamu bisa atau miliki.

Kalo gitu, berani katakan tidak pada orang yang meminta tolong itu jauh lebih baik gengs. Buang juga sifat gak enakan kamu. Sebab, inilah kunci hidup tenang dan bahagia.

Pikirkan baik-baik sebelum menolong orang. Berani berkata tidak, dan buang segala sifat gak enakan kamu. Itulah kunci hidup tenang dan bahagia.

Pokoknya, cuma kamu yang bisa ukur diri sendiri (allwomenstalk.com)