Kuliah Nih, Apa Aja Sih Persiapan Buat Mahasiswa Baru?

Kalian akan menjadi mahasiswa. Kalian bukan lagi anak SMA. Tapi, apa aja sih hal-hal yang harus dipersiapkan pas jadi mahasiswa baru?

Yang baru aja pada lulus SMA, pada mau kemana nih rencananya? Ada yang memilih bekerja, tapi rata-rata sih pada pingin kuliah. Pokoknya selamat, kalian akan memasuki fase kehidupan baru.

Dalam fase kehidupan baru ini, kita sebagai mahasiswa baru harus pandai-pandai beradaptasi. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat kita menjadi mahasiswa baru. Persiapan ini bukan cuma buat kalian yang masuk universitas bergensi doang lho ya. Tapi semuanya.

Kalo gitu, cek dulu nih beberapa persiapan mahasiswa baru. Ini penting banget soalnya akan mempengaruhi kamu dalam dunia akademik di perguruan tinggi.

bbc.co.uk

1. Mental

Sebenernya, dunia perkuliahan itu ga jauh berbeda dengan pas kita masih sekolah SMA. Intinya ya belajar-belajar juga sih. Bedanya, pas kuliah, kita jadi ga bisa nyantai karena tugas akan seabreg-abreg dan tetap harus belajar biar IPK kita bagus.

Jadi, segera ubah mental 'anak sekolah' kamu. Kalo ada kuliah pagi, kamu yang ngekos nggak dibangunin lagi lho pagi-pagi. Tugas kamu juga ga ada yang ngingetin pas masih jadi mahasiswa baru. Pokoknya tanggung jawab pada diri sendiri lebih utama. Kamu bukan anak SMA lagi.

2. Adaptasi

Masuk ke lingkungan baru, apalagi kalau itu jauh dari rumah, bikin kita harus pandai-pandai beradaptasi. Kalian nggak lagi berada di lingkungan sekolah yang apa-apanya masih diperhatikan oleh guru.

Selain itu, pentingnya beradaptasi karena kita bakal ketemu teman-teman baru. Teman baru itu bukan cuma anak tetangga doang, mereka justru datang dari pulau tetangga. Pokoknya, mereka datang dari seluruh wilayah di Indonesia.Yang mau kuliah di situ kan bukan cuma kamu aja.

educationusa.be

3. Perlengkapan kuliah

Karena kamu harus belajar dengan giat dan tugas bakal numpuk, kamu perlu siapkan perlengkapan penunjang. Misalnya, laptop, buku kuliah, buku tulis, alat-alat tulis, dan seterusnya.

Perlengkapan penunjang lain seperti setelan buat kuliah. Ini penting nih, usahakan kalian mengenakan kemeja ya. Soalnya beberapa kampus ngelarang mahasiswanya untuk mengenakan kaos. Yang penting sih sopan. Banyak kampus beralasan, "kalo mau kuliah ya harus sopan dong!" Padahal alasan itu ngambang banget.

4. Tempat tinggal

Teruntuk kamu-kamu yang berkuliah di luar kota tempat kamu tinggal saat ini, cepetan cari kos deh. Tipe-tipe kos sekarang semakin banyak variannya. Ada yang rasa duren, ada juga yang rasa stroberi, ada yang kotak, ada juga yang segitiga (*lahhh...).

Kebanyakan mahasiswa baru pada pengin ngekos deket area kampus. Jadi mereka tinggal jalan kaki aja ke kampus. Yang paling sering, mahasiswa jaman now pada pengin punya kos yang "BEBAS". Oh, mungkin maksudnya bebas mau pulang jam berapa aja. Atau bebas melakukan hal-hal yang diinginkan sebelah pihak aja.... Ya, atur sendiri deh.

huffingtonpost.com

5. Transportasi

Kaya yang udah dibahas sebelumnya, kalian perlu mempersiapkan moda transportasi kalian sendiri. Kalian tinggal pilih, mau naik sepeda motor atau mobil. Kalo sekarang belum punya, santai aja, kalian bisa beli sepeda. Atau bisa juga dengan berjalan kaki aja.

Makanya, pilih kos jangan jauh-jauh, apalagi kalo kalian jalan kaki. Sebenernya repot juga kalo ada hal yang harus diurus di kampus mendadak. Nah, transportasi paling umum digunakan anak kampus ya sepeda motor. Cepat dan gesit. Kalian bisa gercep deh, apalagi pas malem Minggu tiba.

6. Kegiatan kampus

Belajar kan nggak cuma kegiatan akademik aja tuh. Makanya, kamu harus imbangi dengan kegiatan non-akademik. Kegiatan kampus banyak banget. Kamu bisa gabung dengan senior-seniormu, atau teman-temanmu yang lain.

Pilih salah satu kegiatan kampus yang positif. Kalo kamu bisa ngeband, ikutin aja kegiatan ngeband. Kalo kamu suka nulis atau diskusi, ikutin kegiatan yang sesuai di kampus. Dan kegiatan-kegiatan lain yang baik buat pergaulanmu. Pokoknya ikutin yang iya-iya aja, jangan yang nggak-nggak. 

ulster.ac.uk