Main Gadget Gak Selalu Buruk untuk Anak! Ini 5 Rekomendasi Online Games yang Edukatif untuk Anak Balitamu

Main Gadget Gak Selalu Buruk untuk Anak! Ini Beberapa Rekomendasi Online Games yang Edukatif untuk Anak Balitamu

Buat kamu yang punya anak balita. Gak perlu khawatir pada dampak buruk gadget pada anak. Asal kamu membatasi waktu dan aktivitas gadgetnya, serta mendampinginya ketika memegang gadget. Anakmu justru akan dapat efek positif dari gadget lho!

Sekarang ada banyak sekali games yang bisa dimainkan anak. Bahkan dari anak yang belum genap berusia 1 tahun. Nah, untuk melatih keterampilan atau kecerdasannya. Coba beri berbagai games seru yang edukatif sesuai umurnya.

Di bawah ini 5 rekomendasi games seru online dan mendidik untuk anak-anak di bawah 5 tahun yang akan segera sekolah.

1. Shape Shadow Matching (4+)

Game mencocokkan memang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Nah, kamu bisa coba kasih game Shape Shadow Matching ini untuk melatih ketelitian dan daya ingat buah hatimu.

8 kartu tertutup yang ada di game ini mengharuskan anak-anak menggunakan ingatan mereka untuk mendapatkan kecocokan dua bentuk. 

2. Alphabet Space Photoshoot (4+)

Games ini punya tema luar angkasa. Dengan karakter bernama Officer Ice Cream. Game alfabet sederhana ini menggunakan kamera x-ray untuk melihat huruf. 

Nah, cocok banget kan buat anak-anak kalian yang sedang belajar mengenal huruf.

3. Counting Pizza Party (4+)

Game online matching shape (totschooling.net)

Siapa yang gak suka pizza? Game sederhana untuk anak balita ini bisa melatih anak belajar berhitung. Di game ini anak akan menghitung jumlah topping pizza dan membuat pizza untuk pelanggan. 

Suara loncengnya menyenangkan. Topping konyol seperti ikat pinggang dan kumis membuat permainan ini sedikit fantastis. Hehehe. Gimana coba rasanya pizza topping kumis. Ewwww~

4. Create Mosaics With Shapes (4+)

game menghitung pizza (teacherspayteachers.com)

Permainan ini terbilang sangat sederhana untuk anak kecil. Dengan game ini, anak bisa mengubah mosaik menjadi sebuah bentuk  menggunakan bentuk geometris.

 

Game ini melatih anak-anak menangani bentuk dan mencoba memasukkannya ke dalam balok yang rapi.

5. Construct-A-Saurus (5+)

Nah, kalau game online ini cocok anak-anak yang sudah mulai sekolah. Construct-A-Saurus bisa membantu anak-anak membangun tungkai demi tungkai Tyrannosaurus Rex, menunjukkan statistik untuk kekuatan, kecepatan, keseimbangan, dan banyak lagi.

Itu tadi 5 rekomendasi game online yang edukatif dan sesuai untuk anak usia 4-5 tahun. 

Buat kalian para ortu, ingat selalu bahwa bermain game dengan takaran atau waktu yang tepat bisa membantu mencerdaskan anak lho! Jadi, jangan khawatir berlebih soal bermain gadget ya!

Game Create Mosaics With Shapes untuk anak 4 tahun ke atas (play.google.com)