Terinspirasi oleh Pembunuh yang Dihukum Mati, Ternyata Dari Situ lah Slogan "Just Do It" Nike Lahir

Terinspirasi oleh Pembunuh yang Dihukum Mati, Ternyata Dari Situ lah Slogan "Just Do It" Milik Nike ini Lahir

Kamu mungkin sudah tak asing dengan slogan Nike "Just Do it". Slogan yang selalu muncul di iklan dan poster nike ini ternyata punya sejarah cukup suram. Sudah tahu belum? 

Jadi, Nike telah menjadi merek pakaian olahraga yang terkenal sejak pertengahan 80-an. 

Kemudian, selama bertahun-tahun, karena banyak selebritas yang mengiklankan produknya. Nike lama-kelamaan menjadi bagian dari budaya pop. Nike pula yang menjadi pionir atau pencipta tren mode kasual baju olahraga.

Jika Anda pernah menonton film "Back to the Future" tahun 1985 yang dibintangi Michael J. Fox. Dan tidak sengaja memperhatikan Michael mengenakan sepasang sepatu Nike. Di situlah awal tren itu muncul.

Produk Nike, secara khusus sepatu menjadi ikon budaya sepanjang tahun 90-an. Hingga kemudian, pemain basket terkenal Michael Jordan mengenakan pakaian olahraga Nike.

Dari situ pulalah muncul merek turunan Nike yaitu "Air Jordan". Merek ini banyak menginspirasi anak muda masa itu untuk bermain basket.

Pakaian olahraga Nike (sneakerfiles.com)

#Arti Slogan "Just Do It"

Pada tahun 1988, popularitas Nike berada di puncaknya. Terutama setelah ia memperkenalkan slogan berbunyi "Just Do It"

Slogan itu berniat mengajak masyarakat Amerika secara khusus untuk tidak memandang segala keterbatasan seperti usia, kemampuan fisik, jenis kelamin. Dan mau memulai hidup yang sehat, bugar, dan bahagia.

Atlet terkemuka yang digandeng Nike kemudian mulai menginspirasi banyak anak muda untuk turut mengenakan pakaian merek Nike. Dan menularkan semangat "Just Do It". Sampai pada akhirnya, pakaian merek ini tidak hanya digunakan untuk olahraga. Tapi juga untuk beraktivitas sehari-hari.

#Sejarah Slogan "Just Do It"

Di balik tujuan dan arti slogan Just Do It yang penuh semangat. Ternyata ada sejarah suram di balik ide pembuatannya.

Sejarah slogan tersebut dimulai di tahun 1977. Gary Gilmore, seorang lelaki berusia 36 tahun ditahan karena membunuh seseorang di Utah Amerika Serikat.

Karena jenis pembunuhannya yang begitu kejam dan tidak bisa ditoleransi. Ia kemudian dijatuhi hukuman mati.

Setelah hakim resmi menjatuhkan hukuman mati. Gilmore mendesak pemerintah untuk segera mengeksekusi hukuman mati tersebut.

Pada tanggal 17 Januari 1977, Gilmore mengucapkan kata-kata terakhirnya, sesaat sebelum juru tembak melepaskan tembakan. "Just Do it," katanya.

Michael Jordan memakai produk Nike (sport.tempo.co)

 

Aduuuh.. serem banget ya geng ternyata sejarah di balik slogan Nike yang banyak menginspirasi banyak orang itu.

Kira-kira gimana ya perasaan Gilmore saat itu? Ketika kematian udah di depan mata, dan dia gak bisa kabur. Gak kebayang sih asli!

Sejarah di balik slogan "just Do It." (winnetnews.com)