Bukan Muslim dan Gak Percaya Neraka, Apa Keyakinan yang Dianut Zayn Malik?

Zayn malik gak pernah pusing dengan agama, dia hanya ingin berkarir.

Salah satu mantan anggota One Direction, Zayn Malik sempat dikabarkan kalau dia adalah muslim. Tapi ternyata, Zayn sendiri menyangkal kalau dia adalah muslim. Jadi yang bener yang mana nih?

Zayn dilahirkan dari keluarga Islam, kedua orang tuanya memang memeluk agama Islam. Ayahnya, Yaser Malik yang berasal dari Pakistan dan Ibunya, Trisha menjadi mualaf. Namun Zayn sendiri menolak untuk menjelaskan apa keyakinannya.

The Guardian sempat menyebut bahwa agama Zayn jadi hal yang lebih banyak dikulik ketimbang kiprahnya sebagai seorang penyanyi. Ibunya mendidik agar Zayn rutin beribadah di masjid dan membaca Al Quran. Zayn sempat mendapatkan diskriminasi karena diduga beragama Islam.

Pada tahun 2017 lalu, ketika di wawancarai oleh London Evening Standar Zayn mengatakan kalau dia gak ingin orang menilainya hanya berdasar agama yang dia anut.

"Aku sadar akan latar belakangku, aku dibesarkan dengan keyakinan agama Islam, jadi ini akan terus menempel di hidupku. Tapi ya inilah diriku, aku nggak ingin dikenal karena keyakinanku atau latar belakang budayaku," ungkap Zayn.

Saat itu masih banyak yang percaya kalau Zayn emang beragama Islam. Tapi pada sesi wawancara dengan Vogue Zayn kembali menjelaskan keyakinannya.

"Sejujurnya, aku nggak pernah bilang ke publik tentang kepercayaan yang aku anut. Aku tidak mengakui diriku seorang Muslim," ucap Zayn Malik kepada Vogue.

Orang tua Zayn Malik muslim (biography.com)

Zayn menjelaskan kalau dia bukan muslim ketika ditanya oleh Vogue pada tahun 2018. Zayn mengungkapkan kalau dia percaya pada Tuhan tapi gak percaya pada neraka. Sedangkan Islam udah menjelaskan kalau ada surga dan neraka.

"Aku percaya kalau agama yang dianut setiap orang itulah yang mereka yakini. Bagiku, aku percaya adanya Tuhan. Tapi apakah aku percaya dengan neraka? Tidak," terang Zayn.

"Dan aku nggak percaya kamu harus beribadah dengan bahasa tertentu selama lima kali dalam sehari. Aku nggak percaya semua itu. Aku hanya percaya kalau kamu orang yang baik, semua hal baik akan kamu dapatkan," lanjutnya.

Zayn dan kekasihnya (eonline.com)

Dibesarkan dari lingkungan keluarga beragama muslim, Zayn Malik pun dibebaskan soal agama yang dianutnya. Dia merasa leluasa untuk memilih kepercayaan dan mengungkapkan pada keluarganya.

"Ibu dan ayahku selalu mendidik kami, saya pergi ke masjid, saya belajar Islam, tapi mereka memberikan kami pilihan sehingga kami dapat memilih dengan sendirinya," imbuh Zayn.

Apapun latar belakang Zayn, dia tetap punya kemampuan yang mumpuni dibidang musik. Ada yang suka dan wajar aja jika emang ada yang gak cocok.

Zayn dibebaskan soal agama (cosmopolitan.com)