Negara-negara Ini Punya Sebutan Angka yang Mirip dengan Bahasa Indonesia dan Jawa

Negara-negara ini punya sebutan angka yang mirip dengan bahasa Indonesia dan Jawa.

Negara-negara ini terletak cukup jauh dari Indonesia. Beberapa negara juga ada yang bertetangga dengan wilayah kita sih. Meski memiliki bahasa yang benar-benar beda dari bahasa Indonesia, ada satu fakta yang unik nih.

Yap, negara-negara ini punya sebutan angka yang mirip dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Kok bisa ya?

Salah satu penyebabnya mungkin karena bahasa yang kita gunakan juga sudah cukup tua. Apalagi bahasa Jawa yang sudah digunakan beberapa generasi sejak jaman dulu. Simak deh daftar negara yang punya sebutan angka mirip dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

#1 Bahasa Tagalog

Bahasa Tagalog atau Filipino adalah bahasa resmi Filipina. Bahasa ini dikenal memiliki kemiripan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Melayu. Ya, karena letaknya juga masih di kawasan Asia Tenggara juga sih.

Tapi ada satu yang unik nih. Sebutan angka dalam bahasa Tagalog mirip dengan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Empat jadi 'apat', lima jadi 'lima'.

Sementara angka tujuh jadi 'pito', dan delapan jadi 'walo'.  Mirip banget sama bahasa Jawa ya. Padahal jaraknya jauh banget.

Dalam bahasa Tagalog, tiga disebut 'apat' (freepik.com)

#2 Bahasa Tuvalu

Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik, antara Hawaii dan Australia gengs. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Tuvalu.

Negara ini juga punya sebutan angka yang mirip dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa. Padahal secara geografis ya jelas jauh banget dari Indonesia.

Contohnya seperti tiga jadi 'tolu', delapan jadi 'valu'. Dua kata ini mirip banget sama bahasa Jawa untuk 'telu' dan 'wolu'.

Di Tuvalu juga mirip, delapan disebut 'valu' (freepik.com)

#3 Bahasa Rapa Nui

Bahasa Rapa Nui digunakan oleh warga di Pulau Paskah, sebuah pulau kecil di Oceania, Samudra Pasifik. Kebudayaannya masih masuk dalam rumpun Austronesia.

Jadi jangan heran juga deh kalo ada beberapa pengucapan angka dalam bahasa Rapa Nui ini mirip dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa.

Sebutan dua dalam bahasa ini adalah 'rua', sementara lima disebut 'rima'.

Bahasa di Pulau paskah juga mirip nih dalam sebutan angka (pinterest.com)

#4 Bahasa Samoa

Samoa juga terletak di Samudra Pasifik yang otomatis jauh banget dari Indonesia. Orang Samoa menggunakan bahasa Samoa dan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Tapi unik, ada beberapa kemiripan bahasa Samoa dengan bahasa Indonesia gengs. Sebutan dua di sana adalah 'lua'; lima juga disebut 'lima'; dan sepuluh jadi 'sefulu'.

Coba tanya Dwayne Johnson a.k.a The Rock deh kalo gak percaya.

Itulah beberapa negara yang punya sebutan angka mirip dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa. Gak nyangka, bahasa yang kita gunakan di sini bisa digunakan juga di tempat lain ya.

Dalam bahasa Samoa, sepuluh disebut 'sefulu' (unsplash.com)