Anjing, Dapat Memahami Perasaan Manusia?

Studi membuktikan bahwa anjing dapat memahami perasaan manusia, berikut ekspresi manusia yang dilihatnya.

Sebuah temuan baru menyebutkan bahwa ternyata anjing bisa memahami perasaan manusia. Seekor anjing dapat memahami emosi dan perasaan manusia dengan melihat ekspresi wajah manusia.

cesarsway.com

Eksperimennya dikerjakan oleh seorang ilmuwan Italia. Ia memperlihatkan beberapa foto wajah manusia yang menggambarkan beberapa ekspresi seperti saat sedang marah, takut, bahagia, terkejut, sedih, jijik, dan wajah datar pada 26 ekor anjing.

Hasil eksperimen itu dipublikasikan dalam jurnal Springer Learning & Behavior. Temuannya mengungkapkan bahwa detang jantung anjing akan meningkat saat melihat ekspresi marah, takut, dan bahagia. 

Selain itu, nafsu makan anjing-anjing tersebut tampak menurun dan butuh waktu untuk menaikkannya kembali. Para ahli percaya bahwa mereka mengalami stres saat melihat ekspresi penuh emosi yang membuat mereka kehilangan nafsu makan.

fromthegrapevine.com

Kepala anjing juga tampak selalu miring ke kiri setiap kali mereka melihat foto orang yang marah, takut, dan bahagia. Mereka akan memutar kepalanya ke sebelah kanan ketika meihat wajah manusia yang terkejut. 

Dalam keadaan ini, menurut para ilmuwan, anjing mungkin menggunakan sisi otak yang berbeda untuk memproses informasi yang berbeda. Marcello Siniscalchi dari Departemen Kedokteran Hewan universitas Bari Aldo Moro, Italia, pun menyebutkan hal senada.

holidogstime.com

Bersama timnya, Siniscalchi juga menemukan bahwa anjing menjadi lebih sensitif saat mendengar suara manusia yang emosional. Dan berbagai temuan ini mendukung berbagai studi terdahulu yang menunjukkan anjing dapat melihat, mendengar, dan mencium emosi manusia.

Di samping menguatkan temuan studi terdahulu, studi ini ikut menambahkan daftar hewan yang dipercaya dapat memahami banyak hal tentang manusia. Seperti domba, lumba-lumba, serta berbagai hewan ternak yang lebih suka berada di dekat manusia. Terlebih yang bersikap lembut pada mereka.