Sosok Paspampres Ganteng dan Misterius, Tapi Tetep Sopan dan Suka Bantu Masyarakat

Meski tangguh dan serba bisa, mereka tetap sopan dan membantu masyarakat sambil mengawal Presiden.

Paspampres mendapatkan julukan perisai hidup. Karena tugas mereka menjaga Presiden, orang no 1 dan jadi simbol negara. Kalau ada apa-apa mereka wajib melindungi dan menjadi perisai buat Presiden. Berani mati ketika menjalankan tugas.

Pampampres biasanya punya fisik yang gak cuma kuat tapi juga ganteng-ganteng gengs. Apakah mereka dipilih berdasarkan fisik semata? Tentu aja gak kayak gitu.

Jadi paspempres ada seleksi yang ketat banget dan gak sembarang orang bisa lolos. Mereka punya standar fisik tertentu dan harus sehat tanpa ada cacat.

Beberapa syarat yang dibutuhkan oleh Paspampres kayak berenang sejauh 500 meter, menyelam tanpa alat, mahir menembak, bisa bela diri, bisa berjalan cepat 1 km maksimal 7 menit, bisa bahasa Inggris dan bisa membaca mimik serta gerakan tubuh.

Selain itu mereka juga harus lolos tes psikologi. Jadi gak cuma fisik, kesehatan dan intelegensi aja gengs. Lengkap pokoknya, syarat dan ketentuan yang berlaku buat jadi paspampres.

Paspampres tugasnya buat pengamanan fisik langsung dari jarak dekat pada Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya.

Mereka juga punya tugas protokoler khusus pada upacara-upacara kenegaraan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI. Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Paspampres udah jauh-jauh hari menggelar latihan terintegrasi Satgas Presiden gegs. Harus udah siap banget!

Paspampres Indonesia (detik.com)

Keren kan kalau lihat paspampres yang sedang mengawal Presiden? Nah, salah satu kendaraa yang digunakan oleh Paspampres adalah jenis Yamaha FIZ1 Fazer berwarna hitam. Ditumpangi sama dua paspampres per motor. Dengan seragam hitam dan senjata lengkap.

Paspampres yang selalu mengiringi mobil Presiden jarang bahkan hampir gak pernah ngobrol sendiri. Mereka bergerak dengan gesit tanpa banyak omong.

Semua personel pasukan bermotor Presiden RI dilengkapi dengan baju antipeluru dan pistol mesin MP-5K buatan jerman dengan magasin lengkung yang bisa diisi 40 peluru. Jenis pistol ini dipakai sesuai standar keamanan dunia untuk pengawal orang-orang penting.

Motor Paspampres (bukalapak)

Gak cuma satu jenis senjata aja gengs. Mereka juga bawa pistol jenis Glock dan pisau lempar yang siap digunakan dalam pertempuran jika kehabisan peluru.

Pasukan-pasukan khusus dunia seperti SAS Inggris, GSG-9 Jerman, Kopassus, Denjaka, Sat Bravo 90 TNI AU dan lainnya juga menggunakan jenis pistol yang sama. Pistol ini juga cocok disandingkan dengan motor FIZ1. Paduan sempurna untuk bergerak cepat dan leluasa.

Meski tampak serius dan serem kadang-kadang, mereka ini ramah loh gengs kalau sama masyarakat. Bersama Presiden masyarakat biasanya membantu membagikan hadiah dari Presiden, membantu ketika ada kemacetan dan tetap sopan ketika bertugas.

Meski mereka tanggung dan serba bisa, gak lantas menggunakan kekuatan dan kekuasaan untuk bersikap seenaknya sama masyarakat. tetep main alus.

Senjata Paspampres (intisari)