5 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate yang Menjebak dan Cara Menjawabnya

Ini loh contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate dan cara menjawabnya.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Menjadi fresh graduate adalah hal yang menantang. Bayangin aja, baru lulus dan mau cari kerja.

Yang bikin was-was itu kalo mau wawancara. Karena belom pernah interview kerja sebelumnya. Seperti apa sih contoh-contoh pertanyaan interview kerja?

Simak penjelasannya berikut ini. Ada contoh cara menjawabnya juga.

1. Kenapa kamu melamar di sini untuk pekerjaan ini?

Saat ditanya hal ini, jawablah dengan alasan yang logis, gengs. Kudu sesuai kenyataan dan nggak dilebih-lebihkan. Sebaiknya hindari kesan menjilat ya. 

Untuk saran, kalian bisa menjawab dengan nyebutin keahlian kamu yang sekiranya cocok banget sama posisi pekerjaan yang dilamar. Atau, katakan kalo perusahaan itu cocok bagi kalian untuk mengembangkan diri, dan sebagainya.

2. Apa aja kekuranganmu?

Ini termasuk salah satu pertanyaan yang sering disebutkan. Termasuk pertanyaan jebakan sih. Jadi, harus pinter-pinter ngejawab. 

Usahakan untuk nyebutin kekuranganmu yang bisa kamu atasi. Misalnya kamu kadang pelupa, tapi sekarang mulai bisa mengatasinya dengan sering mencatat hal-hal penting.

3. Apa kelebihanmu?

interview kerja fresh graduate (forbes.com)

Kalo ditanya gini, jawablah pertanyaannya dengan menyampaikan kekuatan dan kelebihanmu yang kira-kira berguna buat perusahaan. Misalnya, kamu sosok yang sering bangun pagi dan disipin, atau yang lainnya.

4. Lima tahun ke depan bakal seperti apa dirimu atau bagaimana cita-citamu 5 tahun ke depan?

Berilah jawaban yang menunjukkan tujuan karirmu. Ini tujuan karir yang bermanfaat dan selaras sama perusahaan ya. 

Perusahaan pastinya ingin mendapat karyawan yang loyal dan mau kerja keras. Mereka ingin kandidatnya punya target pasti dalam kair. Misalnya, ke depannya ingin mendapat jenjang karir yang lebih tinggi sebagai manajer atau yang lainnya.

5. Kenapa kami harus mempekerjakanmu?

kelebihan (theladders.com)

Saat dihadapkan dengan pertanyaan ini, sebutkanlah kelebihanmu yang cocok untuk perusahaan. Sebutkan kualitasmu yang sesuai dengan visi dan misi kantor. Hindari mengatakan kalo kamu butuh gaji tinggi. 

Itulah contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate yang cukup menjebak. Asal jawabnya bener pasti bisa lolos interview kok. 

interview kerja (alberta.ca)