Kata-kata Bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil yang Menginspirasi, Yuk Simak!

Ini loh kata-kata bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil yang menginspirasi.

Ada banyak pepatah atau kata-kata bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil yang menginspirasi. Mungkin dari kalian nggak banyak yang tau.

Nah, untuk menambah wawasan, yuk pelajari kata-kata bijak bahasa jawa kromo inggil.

1. Gusti Allah mboten sare.

Ini adalah kata bijak yang berarti Tuhan itu tidak tidur. Ini artinya, kita harus semangat dalam menjalani hidup. Tuhan selalu memperhatikan kita dan pasti bakal diberi jalan terbaik. 

2. Ampun dados tiyang ingkang rumaos saged. Ananging dados tiyang ingkang saged rumaos.

Kata bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil ini bermakna, "Jangan menjadi orang yang merasa selalu bisa. Akan tetapi, jadilah orang yang bisa merasa." Pepatah ini berarti kita sebagai orang perlu bersikap rendah hati. Jangan sombong, nanti dapat karmanya.

3. Sabar menika lire momot kiat nandhang sakatahing godha kaliyan pandhadharing agesang.

"Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan berbagai godaan dan musibah dalam hidup." Kita sebagai manusia harus sabar ketika ada banyak musibah. Intinya, jangan sampai menyerah.

Bahasa Jawa (tempo.co)

4. Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan.

Ini bagus banget artinya, gengs. Sebaiknya kita jangan sakit hati saat musibah menimpa diri dan jangan sedih saat kehilangan sesuatu. Maksudnya, sedih jangan berlarut-larut. Ketika kehilangan sesuatu, pasti Tuhan akan segera menggantinya. Wah, cocok banget buat yang lagi patah hati.

5. Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang Gusti.

Kata bijak Bahasa Jawa di atas artinya, "Menanti turunnya tetesan embun, pasrah dengan apa yang diberikan oleh Tuhan." Tetesan embun di sini diibaratkan sebagai rejeki. Nah, kita sebaiknya tetap bersyukur saat mendapat rejeki yang nggak begitu banyak. Yang penting kita udah berusaha semampunya. 

Bahasa Jawa (tempo.co)

6. Gusti nitihaken sira menika lantaran biyungira, pramila sira kedah ngurmati biyungira.

Kalo diterjemahkan artinya, "Tuhan menciptakanmu melalui seorang ibu, oleh karena itu kamu harus menghormati ibumu." Maknanya, kita perlu menghormati ibu karena dialah yang telah melahirkan dengan penuh perjuangan.

Itulah deretan kata-kata bijak Bahasa Jawa Kromo Inggil. Gimana menurut kalian gengs?

Bahasa Jawa (dream.co.id)