Proses Respirasi Pada Tumbuhan, Cara Tanaman Bernapas yang Perlu Kamu Ketahui

Proses respirasi pada tumbuhan, cara tanaman bernapas yang perlu kamu ketahui.

Seperti manusia, tumbuhan juga makhluk hidup gengs. Mereka juga bisa bernapas dan makan, tapi gerakan mereka jarang diketahui oleh manusia. Tumbuhan juga bernapas seperti manusia, dan hal itu disebut sebagai proses respirasi pada tumbuhan.

Proses respirasi pada tumbuhan sendiri berkaitan erat dengan fotosintensis. Tapi sebenernya apa sih resprasi itu?

Respirasi sendiri adalah suatu proses reaksi katabolisme yang memecah molekul-molekul gula menjadi molekul anorganik. Biasanya berupa karbondioksida (CO2) dan air (H2O).

Proses respirasi pada tumbuhan adalah proses penyerapan molekul oksigen yang terdapat di udara bebas untuk menghasilkan air, karbondioksida, dan energi. Semua itu dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh berkembang.

Tapi kapan sih proses respirasi pada tumbuhan terjadi? Proses respirasi pada tumbuhan berkaitan dengan proses fotosintesisnya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa tumbuhan melakukan respirasi di pagi dan siang hari bersama dengan proses fotosintesis.

Proses respirasi pada tumbuhan juga terjadi pada malam hari. Persis ketika tumbuhan tidak melakukan fotosintesis.

Respirasi para tumbuhan erat kaitannya dengan fotosintesis (pinterest.com)

Proses respirasi pada tumbuhan adalah serangkaian proses penghirupan oksigen melalui organ pernapasan tanaman untuk memecah senyawa orgaik CO2, H2O, dan energi. Respirasi sendiri adalah reaksi redoks yang dioksidasi menjadi CO2. Sementara O2 akan diserap sebagai oksidator yang mengalami perubahan menjadi H2O.

Dalam proses respirasi pada tumbuhan, energi kimia ATP dikeluarkan sebagai penggerak respirasi. Persamaan reaksi dari proses respirasi pada tumbuhan adalah: C6H12O6 + O2 a 6CO2 + H2O + Energi.

Proses respirasi pada tumbuhan melibatkan beberapa bagian paling aktif seperti kuncup bunga, tunas, atau biji yang mulai tumbuh atau muncul akar, ujung batang, dan ujung akar.

Proses respirasi pada tumbuhan selengkapnya melewati beberapa tahapan. Pertama, oksigen ditangkap atau diserap dari udara bebas di lingkungan sekitar. Kedua, proses transportasi gas-gas secara keseluruhan berlangsung secara difusi. 

Tumbuhan juga melakukan respirasi pada malam hari (unsplash.com)

Ketiga, Oksigen (O2) masuk dalam sel tumbuhan kemudian mengalami difusi melalui ruang antar sel, sitoplasma, dan membran sel. Keempat, karbondioksida yang dihasilkan akan dikeluarkan dari sel tumbuhan melalui proses difusi. Selanjutnya, proses respirasi pada tumbuhan kelima adalah jika O2 sudah diambil dari udara bebas, barulah proses respirasi terjadi. 

Proses respirasi pada tumbuhan ini terdiri dari beberapa tahapan lagi, mulai dari glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus asam sitrat, dan transport elektron.

Selanjutnya, ada dua jenis proses respirasi pada tumbuhan, respirasi aerob dan respirasi anaerob.

Tanaman akan menyerap oksigen dari udara bebas (unsplash.com)

Respirasi aerob berarti proses respirasi pada tumbuhan yang membutuhkan oksigen untuk menjalankan proses respirasinya. Tahapan proses ini adalah penyerapan oksigen, pemecahan senyawa organik, dan pembebasan energi. Tujuannya adalah mengatur suhu dan proses kehidupan, serta pembebasan CO2 dan H2O.

Kemudian respirasi anaerob adalah proses respirasi pada tumbuhan yang tidak membutuhkan oksigen. Respirasi ini biasa disebut dengan proses fermentasi. Kadar O2 dalam proses respirasi ini sangat jarang terjadi.

Ada dua jenis respirasi gengs, respirasi aerob dan respirasi anaeron (unsplash.com)

Di balik itu, proses respirasi pada tumbuhan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari suhu, jenis, dan jumlah substrat. Kelembabab, jumlah oksigen, tipe, dan usia tumbuhan juga berpengaruh dalam proses respirasi dalam tumbuhan ini.

Proses respirasi pada tumbuhan kecambah misalnya, dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban udara di sekitarnya.

Itu dia proses respirasi pada tumbuhan, cara tanaman bernapas yang perlu kamu ketahui caranya. Unik banget ya gengs.

Proses respirasi pada tumbuhan dipengaruhi beberapa faktor (unsplash.com)