Higgs Boson, 'Partikel Tuhan' yang Kata Stephen Hawking Bisa Memicu Terjadinya Kiamat

Higgs Boson, 'partikel Tuhan' yang kata Stephen Hawking bisa memicu terjadinya kiamat.

Sejak lama, manusia selalu berusaha menyibak sebuah rahasia alam semesta. Mereka mengerahkan segala tenaganya dan menggunakan ilmu pengetahuan demi mengungkap rahasia tersebut. 

Mereka juga telah melakukan serangkaian percobaan ilmiah yang sangat menakjubkan. Percobaan ini bahkan berjalan dari waktu ke waktu hingga muncullah teknologi abad modern yang memungkinkan terciptanya Higgs Boson atau sering disebut 'partikel Tuhan'.

Higgs Boson sendiri menjadi sebuah terobosan besar dalam dunia sains. Penemuan ini juga gak lepas dari terpaan isu soal akhir dunia.

Bahkan kata fisikawan legendaris Stephen Hawking, penemuan ini bisa memicu kiamat yang menghancurkan Bumi. Soalnya bisa membentuk lubang hitam juga. Tapi, kayak gimana sih bentuk partikel Tuhan ini?

Partikel Tuhan yang kontroversial ini diteliti oleh para pakar di Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN). Partikel Tuhan ini diciptakan lewat eksperimen Large Haddon Collider (LHC) berupa mesin raksasa yang dianggap mampu membuat lubang hitam mini.

Sayangnya hal ini tak terbukti karena LHC ternyata belum mampu menciptakan aenergi yang besar untuk menciptakan lubang hitam.

Higgs Boson, alias "Partikel Tuhan" (phys.org)

Partikel Tuhan sendiri diklaim mampu menguak sebagian dari rahasia alam semesta. Karena misteri alam semesta ini tak akan pernah bisa terungkap sepenuhnya oleh ilmuwan manapun.

Menurut Suharyo Sumowidagdo, ilmuwan Indonesia yang ikut serta dalam penelitian Partikel Tuhan di LHC, hal ini bisa mengubah pengetahuan fisika di masa depan.

Sementara, fisikawan Stephen Hawking menjelaskan dalam teorinya bahwa partikel Tuhan itu bisa menjadi penyebab kiamat bagi Bumi. Hawking pernah khawatir akan hal ini. Sebab jika energi besar dihasilkan Higgs Boson tidak stabil, yang timbul malah keursakan dahsyat pada alam semesta.

Stephen Hawking menyebut situasi ini dengan istilah peristiwa 'vacuum decay'.

Penemuan ini bisa menciptakan lubang hitam mini berenergi besar (cern.ch)

Menurut Hawking juga, kehancuran Bumi ini bisa terjadi lantaran energi yang dihasilkan oleh partikel Tuhan bisa melebihi 100 miliar gigaelektronvolt (GeV). Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena mungkin malah gak bisa distabilkan.

Gak cuma soal Higgs Boson aja, Hawking juga pernah meramalkan bahwa manusia hanya punya 1000 tahun lagi di Bumi sebelum dimusnahkan oleh robot atau makhluk asing dari luar angkasa.

Hingga kini, Higgs Boson masih terus ditelit oleh para ilmuwan di CERN. Terlepas dari isu yang ada serta ramalan Stephen Hawking soal kehancuran dunia yang mengerikan karena partikel Tuhan ini, keberadaan materi tersebut sebenarnya bakal merevolusi pengetahuan manusia soal alam semesta. 

Stephen Hawking (telegraph.co.uk)

Terutama dalam tujuan ilmiah dan dari sudut pandang imu fisika.

Kita nggak pernah tau misteri apa yang bakal terkuak jika semua misteri tentang Partikel Tuhan ini terungkap. Tapi yang pasti, pernyataan dari Stephen hawking tentang Higgs Boson bisa jadi acuan para peneliti. Apalagi Hawking adalah sosok fisikawan legendaris yang memiliki banyak pencapaian semasa hidupnya.

Semoga aja penelitian tentang partikel Tuhan ini bisa memberi banyak manfaat ya ketimbang sebaliknya.

Higgs Boson diklaim bisa membuat dunia ini kiamat loh! (home.cern)