Nggak Cuma di Indonesia Aja, Teryata Bahasa Jawa Juga Digunakan di 3 Negara Ini

Nggak cuma di Indonesia aja, ternyata bahasa Jawa juga digunakan di 3 negara ini.

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Bahasa ini sudah terkenal sejak lama sebagai bahasa yang banyak digunakan orang khususnya di Pulau Jawa sendiri.

Bahasa Jawa telah digunakan sejak lama di seluruh Pulau Jawa dengan oleh salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia. Penutur bahasa Jawa pun tersebar dengan dialek yang berbeda-beda, dari ujung barat hingga ujung timur.

Karena penuturnya masih banyak, bahasa Jawa pun masih dipergunakan secara luas hingga sekarang. Bahkan gak cuma di Pulau Jawa dan Indonesia doang loh gengs. Ternyata bahasa Jawa juga digunakan banyak orang di beberapa negara.

Kok bisa deh? Ya, karena sejak dulu banyak orang Jawa yang pindah, tinggal, atau menetap di sebuah negara. Jauh dari kampung halamannya. Jadi, nggak cuma di Indonesia aja, ternyata bahasa Jawa juga digunakan di 3 negara ini.

Orang Jawa menggunakan bahasa Jawa sejak lama (idntimes.com)

#1 Malaysia

Berdasarkan data penelitian, setidaknya ada 20 persen warga suku Jawa dari total populasi di Malaysia. Makanya jangan heran kalo bahasa Jawa juga eksis di negara bagian Selangor dan Johor.

Di Johor, ada sebuah wilayah bernama Parit Jawa. Wilayah itu merupakantempat tinggal banyak orang Jawa di Malaysia. Makanya, penduduk setempat menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi sehari-hari.

Banyak juga lho orang Jawa di Malaysia (all.accor.com)

#2 Singapura

Seperti di Malaysia, ternyata banyak juga loh orang Jawa yang tinggal di Singapura. Orang-orang Jawa yang tinggal di Singapura hidup dalam lingkungan yang disebut Kampong Jawa atau Kampung Jawa.

Kampong Jawa terletak di tepi Sungai Rochor. Sementara bahasa Jawa juga dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari di pemukiman Kallang Airport Estate. Orang-orang Jawa tinggal di sana bersama orang Melayu dan Tionghoa.

Mereka yang berbahasa Jawa di Singapura rata-rata adalah keturunan Jawa atau berdarah Jawa. Karena lingkungannya masih menggunakan bahasa ini, jadi boso jowo masih digunakan turun-temurun.

Bahasa Jawa juga digunakan di Singapura (booking.com)

#3 Belanda

Ternyata basaha Jawa juga sampe ke Eropa loh gengs. Contohnya ya di Belanda. Di negara ini, bahasa Jawa malah jadi materi tempat orang-orang bisa memperoleh gelar pakar bahasa Jawa. Tepatnya di universitas terkenal yaitu Universitas Leiden.

Ada banyak orang Indonesia yang telah menjadi pakar bahasa Jawa dari universitas itu. Beberapa yang telah lulus kuliah dari universitas itu seperti Achmad Soebardjo, Soepomo, hingga Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Seperti diketahui, Leiden menyimpan banyak naskah-naskah kuno bertuliskan huruf Jawa yang masih terawat hingga kini. Makanya banyak orang Indonesia yang bertandang ke sana justru untuk belajar bahasa Jawa.

Sama seperti halnya beberapa orang tua di Indonesia yang bisa berbahasa Belanda, orang-orang tua di Belanda rata-rata juga paham dengan bahasa Jawa atau bahasa Indonesia. Ini jelas banget, soalnya negeri itu kan pernah "tinggal" di Indonesia selama berabad-abad ya.

Makanya bahasa Indonesia dan bahasa Jawa melekat pada banyak orang-orang tua di Belanda. Bahasa Jawa juga menjadi bahasa yang digunakan sehari-hari oleh banyak penduduk Belanda.

Itulah tiga negara di dunia yang sebagian penduduknya masih menggunakan bahasa Jawa hingga sekarang. Jadi nggak cuma di Pulau Jawa dan di Indonesia aja ya.

Bahasa Jawa juga dipergunakan di Belanda (universiteitleiden.nl)