Kisah Nyata, Gak Semua Orang Tua Itu Bijaksana, Ya Ada Juga yang Durhaka

Setiap orang punya keluarga yang beda. Gak semua orang tua bijaksana.

Sebuah thread di Twitter viral dan mendapatkan banyak perhatian. Kali ini kisah mengenai anak yang dituding durhaka. Padahal udah membiayai hidupnya sendiri sejak lulus SMA dan gaji juga dikasih ke orang tua.

Jadi gini ceritanya gengs, pengguna Twitter dengan akun @XXNZR__ membagikan kisah seorang temannya.

"Pernah ada temen yang dateng ke tongkrongan tapi ada luka lebam di badan. Dia cerita kalau habis berantem sama bokapnya gara-gara, udah ketiga kali bulan itu, ortunya minta duit buat 'renovasi rumah'," tulisnya.

"Si temen gajinya udah abis, ortu gamau denger, temen muntab, berantem," lanjutnya.

@XXNZR__ mengatakan, meski menyebutnya dengan berantem, tapi aslinya temennya itu cuma mengelak dan menerima pukulan aja. Dia sama sekali gak memukul balik.

Jelas aja, namanya juga orang tua sendiri. Di tengah persetruan itu, kedua orang tuanya kompak menasehati dan mengatakan kalau temannya itu durhaka. Karena gak mau kasih duit buat orang tuanya.

"Terus cerita kalau sejak dia lulus SMA, dia ga dibayarin lagi, kuliah jungkir balik sendiri, tapi sejak lulus SMA itulah bokap nyokapnya terang-terangan jadiin dia sapi perah," ungkap akun @XXNZR__.

"Gua kenal sama ni temen dah bertahun-tahun, awalnya dari kerja bareng. Waktu masih satu kerjaan, dia apply utang ke kantor karena "ortunya maksa minta duit buat pulang kampung". Sebelum itu, dia udah nginep di basecamp hampir seminggu. Usut diusut, bayar kos aja gabisa dia," lanjutnya.

Thread Twitter (Twitter @XXNZR__)

Selesai temennya ini curhat, akun @XXNZR__ cerita lagi kalau ada salah satu oknum yang menasehati temennya itu. Dia meminta untuk lebih ikhlas dan mengeluarkan dalil agama. Kalau orang tua itu gak perhitungan.

Karena mendengar omongan itu akhirnya temennya @XXNZR__ jadi ngerasa dia emang yang salah. @XXNZR__ gak terima temennya justru menyalahkan dirinya sendiri.

"Emang enak kok menasehati orang lain yang lagi menderita sambil buka iPhone 8 lo (jaman itu 8 baru keluar) hasil dibeliin papa mama, pulang ke rumah dan masakan enak sudah menanti, ngobrol lucu pas sarapan, terus dikasi uang bulanan yang cukup buat nongkrong tiap hari," tulisnya.

Sepenggal kisah ini mendapatkan banyak likes dan retweet gengs. Pasti banyak yang relate juga sama kejadian kayak gini. Iya, gak semua orang tua itu selalu bener.

Orang tua yang bijaksana harusnya bisa memahami situasi dan kondisi anaknya. Karena punya kebutuhan hidup sendiri. Kehidupannya beda sama orang lain dan orang tuanya jaman dahulu.

Komentar netizen (Twitter @XXNZR__)

Juga, membantu orang tua itu wajib sebagai bentuk pengabdian kita. Tapi jangan sampai malah jadi beban. Terbuka dengan keadaan dan kebutuhan sendiri juga.

Yah, semua ini hanyalah pendapat. Setiap orang punya keadaan yang beda dan pendapat yang beda. Paling penting jangan membuat dirimu sendiri menderita ya gengs... Karena jalan hidupmu masih panjang.

Kadang orang tua bisa gak bijaksana dan ada yang durhaka malah. Tega menelantarkan anak dan memanfaatkan. Iya, ada yang kayak gini.

Semangat yang lagi berjuang buat orang tua dan keluarga... Semangat yang sedang berjuang untuk memiliki kehidupan yang diinginkan.

Setiap keluarga keadaannya beda (population.sg)