Hartanya Sampe Ratusan Triliun, Inilah 5 Bisnis yang Jadi Sumber Uang Warisan Taipan Eka Tjipta Widjaja

Hartanya sampe ratusan triliun, inilah 5 bisnis yang jadi sumber uang warisan taipan Eka Tjipta Widjaja.

Belakangan, nama Freddy Widjaja jadi sorotan publik. Pasalnya, lelaki itu telah menggugat hak atas warisan dari almarhum ayahnya, pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja, pada kelima kakak tirinya.

Secara keseluruhan, nilai aset perusahaan yang disengketakan Freddy mencapai angka ratusan triliun rupiah! Totalnya sekitar Rp672,6 triliun.

Tapi nggak heran sih kalo taipan ini bisa punya uang sebanyak itu. Sebab, sosok Eka Tjipta Widjaja dikenal sebagai salah satu konglomerat Indonesia yang telah mendirikan Sinar Mas sejak tahun 1938 silam.

Usahanya dimulai dari bawah hingga akhirnya sukses mencetak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di sektor industri. Beberapa di antaranya memiliki aset hingga triliunan rupiah. inilah 5 bisnis yang jadi sumber uang warisan taipan Eka Tjipta Widjaja.

Eka Tjipta Wijaya (wartaekonomi.co.id)

#1 Bisnis di bidang pulp dan kertas

Kenapa Sinar Mas bisa setajir itu? Sebab, Eka Tjipta Widjaja punya PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia TBK di Mojokerto, Jawa Timur. PT ini didirikan tahun 1972 sebagai salah satu lini usaha.

Perusahaan ini juga memiliki PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk yang mampu mencetak laba bersih hinga 16,5 juta dollar AS pada tahun 2019. Total pundi-pundi dari keduanya bisa menghasilkan aset hingga 2,96 miliar dollar AS yang setara dengan Rp44,4 triliun gengs!

Satu lagi sebesar 8,75 miliar dollar AS yang setara degan Rp131,2 triliun.

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia (cnnindonesia.com)

#2 Sektor agribisnis dan makanan

Sinar Mas juga berjawa lewat PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. Laba kotor dari perusahan ini mencapai Rp4,63 triliun pada 2018 lalu. Asetnya sendiri mencapai Rp29,3 triliun. Perusahaan ini termasuk pengelolaan perkebunan kelapa sawit terintegrasi dan terbesar di dunia.

Salah satu produknya minyak goreng Filma (kontan.co.id)

#3 Di bidang properti

Sinar Mas juga mengembangkan sayapnya di bidang properti lewat Sinar Mas Land. Perusahaan ini dikenal sebagai kontraktor yang membangun banyak infrasruktur seperti kawasan komersial dan industri. Ada juga kota mandiri, resor wisata, hotel, hngga perumahan elite.

Total asetnya bisa mencapai 7,75 miliar dollar AS yang setara dengan Rp116,3 triliun.

Sinarmas juga punya usaha di bidang properti (unsplash.com)

#4 Bisnis keuangan

Selain di bidang industri dan manufaktur, Sinar Mas juga memiliki bisnis keuangan lewat PT Sinar Mas Multiartha Tbk. Perusahaan ini menyediakan layanan perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, dan permodalan.

Total aset perusahaan ini mencapai Rp100,6 triliun dan telah mencetak laba kotor hingga Rp1,6 triliun.

Bisnis keuangan juga ada~ (thejakartapost.com)

#5 Perusahaan lainnya

Selain empat perusahaan tadi, Sinar Mas juga memiliki aset di PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry sebesar 1,99 miliar dollar AS. Ada juga Paper Excellence BV Netherlands sebear Rp70 triliun, PT Golden Energy Mines Tbk 780,6 juta dollar AS, Asia Food and Properties Limited sebesar Rp80 triliun.

Selain itu, masih ada cadangan lagi dari PT Bank China Construction-Bank Indonesia Tbk sebesar Rp16,2 triliun dan China Renewable Enegy Investment Limited senilai 2,79 miliar dollar Hong Kong yang setara dengan Rp5,3 triliun.

Semua kekayaan itu membuat nama Eka Tjipta Widjaja tercatat sebagai salah satu taipan Indonesia. Berdasarkan data dari Forbes, Eka Tjipta Widjaja memiliki harta sebesar 9,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp135,1 triliun pada 2019 lalu.

Semua aset tersebut telah diwariskan kepada keluarganya. Kini, keluarga itu kembali jadi sorotan setelah anaknya, Freddy Widjaja menggugat harta tersebut. Wow!

Pokoknya, keluarga ini punya banyak perusahaan dan tajir banget lah~ (pinterest.com)