Kisah Gli, Kucing Legendaris yang Tinggal di Hagia Sophia Selama 14 Tahun dan Digemari Banyak Orang

Kisah Gli, kucing legendaris yang tinggal di Hagia Sophia selama 14 tahun dan digemari banyak orang.

Belakangan ini, masyarakat dihebohkan sebuah kabar dari Turki. Kabar itu menyangkut keputusan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang secara resmi mengalihfungsikan museum Hagia Sophia menjadi sebuah masjid.

Keputusan itu diumumkan pada Jumat, 9 Juli 2020 kemarin. Beritanya pun langsung heboh karena bangunan besar itu punya sejarah panjang yang sangat menarik tentang perebutan kota yang terjadi berulang kali.

Di balik sejarah panjangnya, ternyata ada juga kisah menarik lainnya. Kisah itu datang dari seekor kucing yang tinggal di Hagia Sophia.

Kucing itu bernama Gli. Dia adalah penghuni Hagia Sophia yang telah tinggal di sana selama 14 tahun.

Gli sendiri adalah seekor kucing betina berbulu pendek. Dikutip dari Kompas.com, Gli sendiri berarti 'persatuan dan cinta'. Gli bahkan sangat populer di kalangan turis dan warga lokal. Terutama yang pernah berkunjung ke Hagia Sophia.

Saking populernya kucing ini, Gli bahkan punya akun Instagram juga loh gengs. Cek aja akunnya, @hagiasophiacat. Doi punya akun Instagram karena emang suka berpose.

Gli, kucing gemes penghuni Hagia Sophia (Instagram @hagiasophiacat)

"Kucing ini benar-benar suka berpose," kata Umut Bahceci, seorang pemandu wisata Hagia Sophia. Btw, Umut-lah yang membuatkan akun Instagram untuk Gli.

Umut mengatakan mencari Gli sangat mudah. Kalo pengin ngajak main atau ngajakin foto, kucing betina ini selalu stand by di dekat pondok Muezzin. Tapi kalo udah capek atau lagi males bermain, Gli biasanya akan duduk di tengah lantai marmer omphalos.

Omphalos sendiri adalah lantai tempat para ksatria Bizantium dinobatkan. Makanya nggak boleh ada turis yang melewati garis pembatas lantai tersebut. Makanya, Gli bisa tidur panjang tanpa diganggu siapapun.

Umut juga mengatakan kalo Gli biasanya memiliki tempat nongkrong yang berbeda-beda. Tergantung musimnya. Kalo lagi musim dingin, Gli akan berdiri di dekat cahaya proyektor, altar, dan mimbar. Soalnya suhunya hangat.

Doi udah tinggal di dalam Hagia Sophia selama 14 tahun gengs! (Instagram @hagiasophiacat)

Gli diketahui lahir pada tahun 2004 lalu. Dia punya dua saudara kucing lainnya yang bernama Pati dan Kizim. 

Pati sudah lama mati. Sementara Kizim juga tinggal di halaman Hagia Sophia.

Gli emang kucing yang terkenal di Hagia Sophia. Recep Tayyip Erdogan juga pernah menemuinya secara langsung. Beberapa tokoh terkenal lain juga pernah bertemu Gli, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama.

Gli merupakan kucing betina berbulu abu-abu. Kucing terkenal ini adalah ras european shorthair atau kucing eropa.

Buat yang penasaran sama kegemesan Gli si penghuni Hagia Sophia, pantengin aja akunnya di Instagram @hagiasophiacat.

Doi adalah kucing ras european shorthair (Instaram @hagiasophiacat)