5 Kota Tertua di Dunia, Ada Sejak Ribuan Tahun Sebelum Masehi

Inilah deretan kota tertua di dunia. Bersejarah dan keren abis.

Kota Tertua di Dunia

Setiap kota di dunia punya cerita di baliknya. Nah, ada beberapa kota yang menyimpan sejarah panjang. Ini karena kota itu udah hidup paling lama dari pada kota-kota lainnya. 

Nah, berikut ini deretan kota tertua di dunia. Keren dan bersejarah gengs!

1. Aleppo, Suriah

Aleppo termasuk kota tertua di dunia. Kota ini sudah dihuni sejak lebih dari 8 ribu tahun yang lalu. Ada sisa-sisa peninggalan pemukiman manusia yang berasal dari 11000 SM. 

Lokasi Aleppo berada di antara Laut Mediterania dan Mesopotamia. Inilah yang membuatnya jadi pusat perdagangan di masa lampau.

Aleppo kota tua (bbc.com)

2. Damascus, Suriah

Kota yang satu ini pun termasuk tertua di dunia yang udah alami naik turunnya peradaban. Damascus adalah pusat budaya terkemuka di dunia Arab dahulu. Sekarang menjadi daerah metropolitan dengan lebih dari 2 juta penduduk, serta mendapat sematan Ibukota Budaya Arab pada 2008.

Damascus (brittanica.com)

3. Athena, Yunani

Kota di Yunani ini adalah rumah dari filosofi dan lahirnya peradaban barat. Athena ditinggali manusia jauh sebelum zaman Plato, Socrates, serta Aristoteles.

Kehadiran manusia tertua diketahui pada abad ke 11 dan ke 7 SM. Sementara itu, sekarang Athena jadi kota metropolis yang luas dengan Acropolisnya yang masih berdiri kokoh. 

kota tertua (getbybus.com)

4. Byblos, Lebanon

Byblos terletak sekitar 42 kilometer dari Beirut. Kota ini termasuk yang paling tua di dunia. Diperkirakan udah dihuni manusia antara 8800 dan 7000 SM. 

Selain itu, UNESCO meyakini kalo impor papirus pertama di Yunani terjadi di kota ini. Peninggalan arkeologis pun banyak ditemukan di kota Byblos. 

Byblos (mywanderlust.pl)

5. Yerusalem

Yerusalem adalah kota tua yang diyakini muncul antara 4000 dan 5000 tahun yang lalu di wilayah Levant yang sedang berkembang. Kota ini sangat unik karena jadi bagian sejarah penting bagi 3 agama Abrahamic yakni Kristen, Yahudi, dan Islam.  Sekarang juga masih menjadi kota perebutan bagi Israel dan Otoritas Nasional Palestina. 

Itulah beberapa kota tertua di dunia. Gimana menurut kalian gengs?

Yerusalem (wikipedia.org)