Kebiasaan Orang Jepang Sehari-hari yang Berbeda dengan Masyarakat Kita

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat kita, orang Jepang memiliki sejumlah kebiasaan yang unik. Yuk cermati daftarnya di bawah ini.

Setiap masyarakat di dunia pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu. Kadang kebiasaan tersebut sangat berbeda satu sama lain. Seperti kebiasaan orang Jepang di bawah ini. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat kita.

Nah agar suatu saat kalian pergi ke Jepang, kalian harus simak sejumlah point kebiasaan orang Jepang sehari-hari. Biar nanti nggak salah-salah gengs. Kuy!

1. Makan pakai sumpit

Tak ada sendok garpu, kebiasaan orang Jepang kalau makan pakai itu sumpit. Bahkan untuk makan sup saja mereka masih pakai sumpit. Cukup dengan mengapit isi sup pakai sumpit lantas menghirup kuahnya dari mangkoknya. Kelihatan aneh, tapi begitulah mereka. Orang Jepang merasa aneh kalau melihat kita makan nasi pakai sendok.

Kebiasaan orang Jepang sehari-hari (matcha-jp.com)

2. Pakai kaos kaki

Agak berbeda dengan kebiasaan orang Asia pada umumnya, kebiasan orang Jepang yang satu ini agak mirip orang Amrik. Orang jepang selalu pakai kaos kaki. Kalau mau masuk rumah, mereka akan melepaskan sepatunya sedangkan kaos kaki tetap dipakai.

Kadang tuan rumah akan menyediakan sandal untuk di pakai di dalam rumah. Ketika hendak ke toilet, ada sendal toilet khusus di depan pintu toilet untuk berganti. Biasanya sendal rumah hanya akan dilepas ketika masuk kamar.

Kebiasaan orang Jepang sehari-hari (wellandgood.com)

3. Pintu geser dan tempat tidur

Karena rumah orang Jepang kebanyakan minimalis, mereka lebih memilih menggunakan pintu geser untuk menghemat ruang. Kecuali pintu depan. Kelangkaan ruang ini juga membuat orang Jepang tidak memiliki ranjang atu dipan. Mereka tidur pakai futon atau kasur yang bila telah dipakai untuk tidur akan dilipat kembali kemudian disimpan di lemari.

Ruangan yang telah kosong tersebut akan dipasang meja kecil untuk minum teh dan sarapan. Usahakan jangan tidur kesiangan nanti sarapan dan teh jepang yang telah dipersiapkan tersebut akan dingin, jadi tak enak lagi disantap.

Kebiasaan orang Jepang sehari-hari (slidingdoornewnebutsuji.blogspot.com)

4. Biasakan salam

Orang jepang memiliki kebiasaan untuk mengucapkan salam dalam berbagai macam situasi. Seperti ‘Ohayou gozaimasu’, ‘Konnichiwa’ dan ‘konbanwa’. Ketika makan bersama mereka, sebelum bersantap ucapkan ‘itadakimasu’ dan setelah selesai makan ucapkan ‘gochiso sama deshita’, untuk menghargai hasil masakan mereka. Dan jangan segan-segan mengucapkan ‘Arigatou Gozaimasu’ untuk berterima kasih.

Kebiasaan orang Jepang sehari-hari (thoughtco.com)

5. Cara duduk

Mereka juga akhirnya tidak memiliki kursi tamu seperti yang dimiliki orang Indonesia. Sebagai gantinya lantai ruang tamu rumah orang Jepang telah dilapisi ‘tatami’ atau tikar. Karena hal ini kebiasaan orang Jepang ketika menjamu tamu adalah dengan duduk melipat kaki ke dalam. Kalau tak kuat duduk seperti itu, kalian bisa duduk dengan cara bersila gengs. Asal jangan selonjoran atau kaki bertopang dagu, itu tak sopan menurut mereka.

Kebiasaan orang Jepang sehari-hari (japanese-school.net)