Apple Tak Akan Sertakan Adaptor Charger dalam Kotak Penjualan iPhone Terbaru

Peminat iPhone nantinya harus membeli adaptor charger tersendiri karena tak masuk kotak penjualan.

Bagaimana jika kalian membeli ponsel baru, tetapi nggak nemu charger di dalamnya? Tentu saja kalian akan kembal ke toko lantas menanyakan dimana chargernya. Tetapi mungkin hal ini yang akan kalian temui dari penjualan Iphone untuk tahun ini. 

Analis teknologi Ming-Chi Kuo yang kerap memberi prediksi secara akurat menyebutkan bahwa tahun ini Apple tidak akan memasukkan charger ponsel ke dalam kotak penjualan iPhone seperti biasaya. Hanya akan ada handset smartphone dan mungkin ditambah beberapa buku petunjuk.

Bagi pemilik iPhone, mungkin sudah mahfum jika Apple secara sedikit demi sedikit mengurangi apa saja yang ada dalam paket penjualan. Sebelum ini Apple sudah menghilangkan earbud kabel dari dalam box yang memang tak legi didukung oleh perangkat utama. 

Meskipun tidak berisi adaptor, kalian mungkin akan tetap mendapatkan kabel pengisian daya. Hal ini sepertinya akan menjadi strategi yang diulang ketika Apple memperkenalkan earbud wireless sebagai periferal standar iPhone.

Untuk menggantikan adaptor yang hilang, Apple akan menjual ada pengisi daya secara terpisah. Adaptor ini akan memiliki kapasaitas 20W yang lebih kuat dibandingkan pengisi daya 18W untuk iPhone 11 Pro. Ya meskipun faktanya kita tetap harus membeli, alih-alih mendapatkannya secara percuma seperti dahulu. 

Apple hilangkan charger dari kotak penjualan iPhone (cnet.com)

Terlepas hal ini sebagai strategi penjualan baru, Kuo percaya ini akan menjadi cara untuk memotong biaya dan mengimbangi harga yang lebih tinggi termasuk teknologi nirkabel 5G, atas perangkat Apple. 

Lagi pula setiap pemiliki iPhone tentu sudah memiliki adaptor charger di rumah masing-masing yang masih dapat digunakan untuk seri terbaru. Sehingga tidak ada pemoborosan untuk membeli lagi.

Hal ini tentu saja sangat didukung oleh pemerhati lingkungan. Pengkritik lingkungan berpendapat bahwa buat apa adaptor baru jika banyak orang masih punya yang lama dan kerap mengisi ulang iPhone menggunakan komputer/laptop mereka. 

Apple hilangkan charger dari kotak penjualan iPhone (detik.com)