Modifikasi Motor Sederhana, Mengubah Suara Knalpot Standar Menjadi Moge

Dengan modifikasi sederhana, suara knalpot standar bisa diubah menjadi mirip suara motor moge.

Sebagai penggila otomotif, kalian mungkin menginginkan suara motor yang dihasilkan knalpot standar jadi sekencang suara motor gede, atau moge. Jika belum ada rencana beli yang asli.

Caranya adalah dengan memodifikasi knalpot tersebut sehingga suara yang dihasilkan menggelegar. Nah berikut ini adalah pilihan cara mengubah suara knalpot menjadi moge dengan sederhana.

1. Jadikan Knalpot Menjadi Free Flow

Cara modifikasi pertama adalah dengan menghilangkan penghambat aliran udara di dalam knalpot sejak keluar dari mesin. Dijamin suara knalpot standar akan berubah seperti moge. Teknik ini disebut dengan free flow.

Karena free flow menghilangkan semua filter yang ada di knalpot motor, tentu saja akan menambah resiko kerusakan mesin. Jadi kalian harus benar-benar memperhatikan kondisi mesin jika mengambil cara ini.

Modifikasi knalpot motor agar suaranya mirip moge (moladin.com)

2. Menipiskan Glaswool Di Dalam Knalpot

Pada bagian dalam knalpot terdapat komponen yang disebut dengan glasswool yang bertugas menjaga kualitas dari gas buang mesin agar tidak beracun. Mengurangi jumlah glasswool dapat menjadikan suara mesin menjadi lebih besar seperti suara motor moge.

Glsswool yang sudah tipis dapat menjadi salah satu penyebab suara knalpot pecah, meskipun cara mengubah suara knalpot standar menjadi moge tersebut sederhana namun perlu diperhatikan efek sampingnya juga.

Modifikasi knalpot motor agar suaranya mirip moge (motorplus-online.com)

3. Dengan Gunakan Pipa Penghubung Baru Di Dalam Knalpot

Selain melepas semuan bagian filter untuk bisa memperoleh aliran free flow dari knalpot motor maka cara mengubah suara knalpot standar menjadi moge lainnya ialah dengan mengganti pipa penghubung bagian ujung knalpot dan pangkalnya menggunakan ukuran pipa yang lebih besar.

Jika secara normal ukuran diamter pipa yang sering digunakan pada knalpot standar ialah 1 inchi maka gunakan pipa dengan ukuran yang lebih besar yakni 1,25 inchi agar suara yang dihasilkan lebih besar mendekati suara motor moge.

Modifikasi knalpot motor agar suaranya mirip moge (macantua.com)

4. Bobok Knalpot

Modifikasi lain yang bisa dilakukan untuk mengubah knalpot standar menjadi moge ialah dengan membobok knalpot. Caranya adalah menghilangkan sekat atau ruang yang ada pada knalpot standar yang gunanya menghalangi ledakan dari suara motor yang dihasilkan oleh mesin.

Bobok knalpot terhitung cukup popoler meski dapat menyebabkan efek samping. Yakni muncul tekanan balik pada mesin yang menyebabkan performa putaran dari mesin menjadi berkurang dan tenaga yang dihasilkan pun tidak maksimal. 

Modifikasi knalpot motor agar suaranya mirip moge (setangsetir.com)

5. Menggunakan Sound Booster

Selain cara yang dilakukan diatas yang secara langsung mengubah suara knalpot standar menjadi moge, menggunakan sound booster menjadi pilihan yang lebih aman tanpa harus mengubah kondisi knalpot secara langsung meskipun kelemahannya dari segi biaya yang harus dilakukan.

Pemasangan sound booster tersebut juga memiliki keuntungan lain dalam hal menghindari bobok knalpot, modifikasi knalpot langsung dapat dihidup matikan sesuai kebutuhan serta mudah dalam pemasangan.

Modifikasi knalpot motor agar suaranya mirip moge (xriderindonesia.com)