Ilmuwan Antariksa Buktikan Pondasi Dasar Teori Relativitas Einstein

Pondasi dasar dari teori reltivitas Einstein berhasil dibuktikan oleh sejumlah ilmuwan antariksa.

Jika kalian secara bersamaan menjatuhkan selembar bulu dan bola bowling dalam ruang hampa udara, mereka akan menyentuh tanah pada saat yang sama. Dengan kata lain, terlepas dari massa mereka, mereka terpengaruh oleh medan gravitasi dengan cara yang persis sama. 

Lantas bagaimana dengan benda-benda besar seperti bintang. Menurut Teori Relativitas Einstein, hal yang sama juga berlaku. Dan sejumlah ahli astrofisika telah membuktikan teori tersebut.

Para ilmuwan menggunakan teleskop gelombang radio untuk mengukur bagaimana bintang neutron mengorbit pada dua bintang katai putih dalam sistem yang sama seperti bagaimana Bumi dan bulan mengorbit matahari. 

Dengan membandingkan kecepatan, gerakan, dan massa tubuh, mereka dapat melakukan versi kosmik dari pengujian Galileo yang terkenal di akhir tahun 1500-an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga bintang dipengaruhi dengan cara yang sama oleh medan gravitasi mereka.

Pondasi dasar teori Einstein berhasil dibuktikan (work.chron.com)

Ada dua cara untuk mengukur massa objek. Salah satunya adalah dengan membandingkan objek tersebut dengan massa yang diketahui. Cara yang lain adalah mengakselerasi objek dan bekerja mundur menggunakan hukum gerak kedua Newton. 

Para ilmuwan mencatat bahwa kedua hasil itu setara, tetapi tidak dapat menjelaskan alasannya. Einstein menciptakan Teori Relativitas - dan prinsip kesetaraan - sebagai cara untuk menjelaskan hukum-hukum alam yang menentukan hasil-hasil ini.

Pondasi dasar teori Einstein berhasil dibuktikan (warstek.com)

Seiring berlalunya dekade, semakin banyak teori dari Einstein yang berhasil dibuktikan. Mulai dari pelensaan gravitasi ke gelombang gravitasi, dan sekarang prinsip kesetaraan. Karya Einstein adalah kunci bagaimana kita memahami ruang-waktu, dan memiliki pembuktian lebih lanjut akan memberikan kepercayaan lebih pada teorinya.

Pondasi dasar teori Einstein berhasil dibuktikan (pikiran-rakyat.com)