Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Biar Sehat dan Gak Mati

Anak kucing yang baru lahir perlu perhatian dan perawatan ekstra gengs. Begini cara merawat anak kucing yang baru lahir.

Anak kucing yang baru lahir emang butuh perawatn ekstra. Apalagi yang gak ada induknya, benar-benar harus diperhatikan. Biar sehat bebas penyakit dan tidak mati.

Anak kucing yang baru lahir bisa gak bertahan hidup kalau gak ada induknya. Ada induknya juga kadang bisa kena beragam penyakit dan mati.

Nah, gini caranya merawat anak kucing yang baru lahir. Buat kamu yang baru nemu anak kucing atau punya induk yang baru aja melahirkan.

Cara merawat anak kucing yang baru lahir dan dan induknya

Cara merawat anak kucing tapi masih ada induknya jadi lebih mudah. Karena kucing bisa menyusu dan hidup bersama dengan induknya. Tapi tetep aja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Kamu dapat mulai dengan memperhatikan makanan, kesehatan dan perkembangan anak kucing. Karena meski ada induknya tetap banyak kasus anak kucing mati sebelum berusia 8 minggu. Berikut ini kasus anak kucing mati sebelum dia dewasa:

Anak kucing anemia karena serangan kutu.

Anak kucing tertindih badan induknya saat sedang menyusu.

Anak kucing dimakan induknya.

Anak kucing mengalami demam

Anak kucing sakit dan terkena kutu

Anak kucing (vets4pets.com)

Cara merawat anak kucing yang baru lahir

Berikan rumah yang hangat buat anak kucing yang baru lahir gengs. Anak kucing berumur 0 minggu belum punya sistem pangatur suhu tubuh. Terutama kalau anak kucingnya gak punya induk lagi. Kamu harus memastikan dia hangat dan nyaman.

Cara merawat anak kucing yang baru lahir, sering-sering ditengok ya. Apakah dia gak ditindih sama induknya dan mendapatkan susu. Kalau gak ada induknya kamu bisa membelikan susu khusus untuk kucing dan memberikannya dengan alat khusus. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menemukan induk baru untuk sementara.

Cara membuat susu untuk merawat anak kucing yang baru lahir

1. Buatlah susu dalam kondisi hangat sekitar 35 derajat celcius.

2. Saat ingin menyusui anak kucing, pastikan kepala anak kucing mendongak. Posisi terbaik adalah 45 derajat dari dot kucing.

4. Hitung kebutuhan susu kucing dalam satu hari. Susu tidak boleh dikonsumsi lagi setelah 24 jam gengs. nanti malah bikin sakit.

5. Anak kucing biasa minum susu setiap 4-5 jam sekali.

Ketika usianya udah sekitar 4 minggu, kamu bisa kasih makanan lunak (wet food). Cara merawat anak kucing yang beru lahir adalah dengan makanan lunak khusus. Jangan kasih sembarangan makanan ya gengs.

Siapkan makanan lunak kucing di dalam mangkuk. Ambil makanan kucing dengan suntikan 20 ml. Beri makan perlahan dengan suntikan. Setelah selesai berikan minum dengan suntikan lain yang bersih khusus buat air minum.

Cara merawat anak kucing yang baru lahir biar bisa pup adalah dengan rangsangan hangat. Rangsangan hangat dari luar tubuh kucing akan membuat otot usus besarnya berkontraksi untuk mengeluarkan kotoran. Pakai tisu yang dibasahi dengan air hangat. Usapkan pada anusnya hingga dia pup. Bersihkan setelah selesai.

Pastikan juga anak kucingnya sehat. Gak demam, mau makan dengan baik dan terhindar dari kutu. Kamu bisa menbersihkan bulunya dengan handuk basah yang hangat dan mengelap area mata dengan kapas hangat. Bersihkan juga telinganya dengan cutton bud.

Begitulah cara merawat anak kucing yang beru lahir. Semoga tumbuh besar dan sehat ya gengs...

Susu khusus kucing (woolworths.com.au)