Nggak Buruk-buruk Amat, Main Game di Ponsel Terbukti Redakan Stres ... Asal Jangan Sampe Kecanduan

Nggak buruk-buruk amat, main game di ponsel terbukti redakan stres ... asal jangan sampe kecanduan.

Banyak orang main game di ponselnya dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi di tengah masa-masa pandemi Covid-19 begini, main game di ponsel jadi tambah banyak. 

Ya, lumayan buat mengisi waktu kan. Kamu bisa main game apa aja, mulai dari game perang yang hits banget, atau ada banyak game terbaru lainnya kok yang bisa kamu jajal sendiri. Seru banget!

Jaman ini disebut jaman transisi paling penting dalam industri game. Game dari desktop kini berpindah ke teknologi yang bisa kita genggam dan dikantongin. Semua jadi lebih gampang untuk diakses.

Game ponsel pintar emang lebih murah ketimbang membeli konsol. Lagian lebih cepat, mudah, dan bisa dinikmati oleh gamer dari berbagai usia dan jenis kelamin. Semua bisa main kapan aja di mana aja.

Tapi katanya main game terus menerus di ponsel tuh nggak baik. Tapi nggak buruk-buruk amat kok risikonya. Toh ternyata, main game di ponsel terbukti redakan stres.

Main game di ponsel ternyata nggak seburuk itu kok (anthillonline.com)

Dikutip dari Kompas.com, sebuah penelitian yang dilakukan di University College London dan The Univerity of Bath, Inggris, menyatakan main game di ponsel adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja keras gengs.

Penelitian itu menyebutkan bahwa hal main game di ponsel jauh lebih efektif untuk relaksasi. Main game di hape jauh lebih baik daripada kegiatan meditasi atau pernapasan.

Bisa jadi ini benar adanya. Soalnya di jaman yang bergerak serba cepat begini ... relaksasi adalah sebuah komoditas berharga. Sayangnya, generasi yang sedang tumbuh sekarang adalah generasi yang tidak dapat dengan mudah lepas dari masa lalu gengs.

Dalam hal ini, masa lalu terjadi sejumlah "bencana". Terutama yang secara efektif menghasilkan budaya seperti kecemasan dan kegelisahan.

Main game di ponsel terbukti bisa redakan stres (redpanicbutton.com)

Demi mengatasi hal itu, banyak pengembang yang menciptakan aplikasi 'mindfulness'. Hal ini ditujukan untuk membantu para pengguna agar lebih tenang, mengontrol perasaan, dan membantu berlatih meditasi. Biar kamu juga nggak terjebak kenangan melulu.

Game di ponsel yang bisa kamu mainkan juga lebih sederhana. Tapi, main game bisa menyita banyak waktu kamu meski hal ini bisa menjadi solusi yang efektif.

Penelitian tentang bermain game di ponsel pernah dilakukan dengan mengambil data dari 45 siswa. Mereka terbagi jadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk bersantai dengan media yang berbeda setelah melakukan tes matematika. Sementara kelompok kedua bersantai menggunakan game hape.

Kedua percobaan itu menunjukkan bahwa mereka yang memilih game di ponsel pintar terlihat lebih santai dan lebih terkendali.

Main game jauh lebih efektif dari sekadar meditasi (lifewire.com)

"Untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang, kita harus dapat bersantai dan memulihkan diri setelah bekerja. Studi kami menunjukkan, bermain game digital bisa menjadi cara yang efektif untuk bersantai," kata Emily Collis, penulis dalam penelitian itu.

Sejalan dengan itu, Collins juga mencatat bahwa pemulihan dan relaksasi setelah bekerja jauh lebih efektif ketika orang yang bermain game terbaru di ponsel pintar benar-benar menikmati permainannya.

Jadi, main game di ponsel seperti main game perang, nggak hanya dilakukan untuk menghabiskan waktu doang gengs. Manfaatnya buat jiwa kita ternyata lebih besar.

Gamers biasanya akan terlihat lebih santai dan terkendali (designweek.co.uk)