Wajib Dicatat, Ini 5 Tips Membuat Ketupat Empuk, Lembut, dan Anti Gagal

Mau bikin ketupat sendiri? Ikutin tips ini biar nggak gagal! Dijamin lembut dan empuk~

Ketupat jadi salah satu makanan wajib ada pas lebaran. Kayaknya nggak lengkap deh kalau merayakan hari raya tanpa kehadiran ketupat. 

Di hari lebaran peran ketupat ini akan menggantikan nasi. Bakalan jadi makanan pokok buat temannya rendang, opor ayam, dan sambal goreng kentang. 

Buat yang tahun ini nggak bisa pulang ke rumah orang tua dan menyantap ketupat sama-sama, coba bikin sendiri aja yuk! Ya itung-itung belajar masak juga, kan? 

Bikin ketupat memang nggak bisa dibilang gampang sih. Soalnya, bisa berisiko bikin hasilnya jadi kelewat keras, lembek, pecah, dan gampang basi. 

Kalau mau bikin ketupat yang lembut dan anti gagal, ikutin tipsnya berikut ini ya~ 

Pemilihan beras

Hal pertama yang mesti diperhatikan sebelum bikin ketupat adalah pemilihan berasnya. Soalnya kalau salah pilih beras, ketupat berisiko gagalnya makin tinggi. Biar aman, kamu bisa pilih beras pulen kayak rojolele, pandan wangi atau mentik wangi. 

Sebelum dibikin ketupat, ada baiknya merendam beras dengan air dingin dan diamkan 1 jam. Kalau suka ketupat yang agak kenyal, bisa tambahin air kapur sirih ke dalam air rendaman. 

Pengisian beras

Waktu mengisi beras ke kulit ketupat, pastikan nggak terlalu sedikit dan nggak terlalu banyak. Pengisian beras ini harus pas banget biar hasilnya bagus. Kalau bisa, memang dari kulit ketupatnya berukuran sama dan isinya hanya ⅔ aja. Kalau ada kulit ketupat yang lebih kecil atau besar, disesuaikan aja ya isian berasnya. 

Ketupat (wikipedia.org)

Proses memasak

Kalau semua ketupat udah diisi beras, selanjutnya susun di dalam panci. Oh ya, panci ini udah diisi air yang mendidih ya! Untuk takaran air, yang penting bisa merendam semua ketupat. 

Masak ketupat selama 3-4 jam, pokoknya sampai terasa padat. Memang semakin banyak ketupat yang direbus, waktunya jadi makin lama. Kalau airnya surut, bisa ditambahkan lagi dengan air panas. Jangan lupa memastikan panasnya tetap stabil selama merebus ya. 

Disarankan buat pakai panci ukuran besar ya. Kalau kamu pengen lebih cepat, bisa juga merebus ketupat di panci presto. Waktunya bisa cuma 30-45 menit aja lho! 

Ketupat (bukalapak.com)

Menyiram ketupat dengan air dingin

Pas ketupat udah matang sempurna, segera angkat semua dari panci. Sebisa mungkin langsung siram dengan air dingin. Cara ini biar menghentikan proses memasak. Yup, dalam keadaan hangat meski udah keluar dari air rebusan, proses mematangkan ketupat masih jalan terus. Makanya langsung disiram air dingin aja, gengs. 

Gantung ketupat

Setelah disiram air dingin, kamu bisa mengelap semua permukaan ketupat dengan kain bersih biar nggak becek dan berair. Kalau udah, langsung ikat dan gantungkan. Cara ini juga sekaligus mendinginkan ketupat dan cukup diangin-anginkan aja sampai nanti akan disantap. 

Ketupat (tasteatlas.com)